Hiburan

Beauty Contest Provinsi Jabar 2022: Pemkot Bandung Bongkar Sejumlah Rahasia

Pada penilaian Beauty Contes Inovasi Pendanaan Pembangunan Melalui Bantuan Keuangan Kompetitif yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Plt Walikota Yana Mulyana membongkar sejumlah rahasia rencana dan capaian Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dalam membangun Kota Bandung yang salah satunya pembangunan ekonomi..

Yan Jumat, 01 April 2022 18:54
img
img
img
img
img
img
img
img
Siaran Pers Diskominfo Kota Bandung 1 April 202

Pelaksana Tugas Wali Kota Bandung, Yana Mulyana membongkar sejumlah rahasia rencana dan capaian Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dalam membangun Kota Bandung.

Mulai dari cara pencapaian pembangunan ekonomi, vaksinasi Covid-19, hingga optimalisasi potensi olahraga di Kota Bandung. 

Hal itu ia beberkan saat penilaian Beauty Contes Inovasi Pendanaan Pembangunan Melalui Bantuan Keuangan Kompetitif yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Kamis 31 Maret 2022 malam.

Soal ekonomi, Yana menyebut, pada tahun 2020 pertumbuhan ekonomi Kota Bandung -2,28 persen. Namun pada 2021 bisa tumbuh menjadi 3,76 persen. 

"Pemkot Bandung terus berupaya memulihan ekonomi. Ini lebih tinggi dibanding Provinsi Jawa Barat, bahkan nasional," beber Yana.

Sejumlah upaya yang dilakukan Pemkot Bandung untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi yaitu dengan strategi peningkatan kualitas pariwisata,  peningkatan ekosistem ekonomi, peningkatan investasi, peningkatan  daya saing perdagangan hingga pemberdayaan masyarakat.  

Adapun mekanisme kegiatan pertumbuhan ekonomi yaitu Salapak Micro Shop dari Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Bandung. Salapak mewadahi para pelaku usaha mulai dari online hingga offline. 

Salapak merupakan sebuah platform mobile application juga Web Base yang dibuat sebagai salah satu strategi pengembangan UKM di Kota Bandung. 

Selain itu, peningkatan ekonomi di sisi Pariwisata yaitu Piknik Krearif yang digagas oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung. 

Di dalamnya terkait kajian bangunan cagar budaya, workshop kreatif mural, workshop  kreatif fotografi,  film dan urban desain. 

"Output yang diharapkan, screening film dilakukan di beberapa kelurahan yang berbeda di kawasan Asia Afrika, Alun-alun, juga braga. Ada juga festival kuliner dsnban berbagai macam makanan khas kota Bandung," paparnya.

Untuk vaksinasi, Yana memastikan, Kota Bandung terus melaksanakan percepatan mulai dosis 1 hingga 3. 

"Dosis 1 saja sudah 113 pesen. Meskipun demikian kita tetap mengimbau kepada masyarakat untuk taat protokol kesehatan, " katanya. 

Terkait Keolahragaan, adapun berbagai usulan seperti pengembangan potensi olahraga, pengembangan wirsusaha dsn ekonomi kreatif, juga pemuda peduli lingkungan. 

Kendati demikian, Yana mengaku, pembangunan di Kota Bandung membutuhkan dukungan dana dari pihak-pihak lain termasuk Pemprov Jawa Barat.

"Tentu kami butuh dukungan, termasuk biaya proses pembangunan. Kami harap bantuan program percepatan di Bandung," ujarnya. (yan)**


Kepala Diskominfo Kota Bandung 

Yayan A. Brilayana