Pemda

PENCANANGAN GERAKAN PEMUTAKHIRAN DATA

Pencanangan Gerakan Pemutakhiran Data penduduk di Kota Bandung Tahun 2007 di sampaikan oleh Sekda Kota Bandung Dr. Edi Siswadi. M.Si,  di Plaza Balai Kota Band

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:33
PENCANANGAN GERAKAN PEMUTAKHIRAN DATA
PENCANANGAN GERAKAN PEMUTAKHIRAN DATA

Pencanangan Gerakan Pemutakhiran Data penduduk di Kota Bandung Tahun 2007 di sampaikan oleh Sekda Kota Bandung Dr. Edi Siswadi. M.Si,  di Plaza Balai Kota Bandung, Senin (6/ 8), pelasanaan pemutakhiran data ini dilakukan untuk memperoleh data penduduk yang valid sebagai bahan dasar pembangunan database penduduk Kota Bandung, juga untuk mendukung tertib administrasi kependudukan dan tertib administrasi pelayanan pencatatan sipil, serta untuk memperoleh bahan dalam penyusunan daftar penduduk potensial pemilu kepala daerah dan wakil kepala daerah tahun 2008.

H. Herry Nurhayat, SE., M.Si selaku Kepala Dinas Kependudukan dalam laporannya mengatakan bahwa tahapan pemutakhiran data, dimulai dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap terakhir yaitu tahap pengolahan data,

“Jadi mekanismenya, masyarakat diberikan kartu keluarga, yang disampaikan melalui Kecamatan, Kelurahan, RW dan RT, dari RT langsung diserahkan kepada Kepala Keluarga,  kemudian data itu dicocokan dan diteliti apakah data itu benar atau tidak, kalau tidak tercatat nanti ada perubahan, atau tambahan juga untuk masyarakat urban, maupun migran.â€ujarnya

“RT-RT diberi data-data dan bahan bahan untuk diteliti dan disampaikan ke Kepala Keluarga, kemudian Kepala Keluarga juga mencocokan, benar atau tidak data tersebut, jadi kejadian seperti di jakarta Insya Allah gak akan terjadi†ucap Herry

 â€œPelaksanaan pemutakhiran data musti selesai akhir September ini, karena KPU sudah meminta data pemilu untuk Pilgub nanti, tapi kegiatan ini bukan hanya untuk Pilgub saja, tapi juga untuk pembangunan database, perencanan pembangunan, juga pilkada 2008 nanti†ujarnya.

Walikota Bandung dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Kota Bandung, mengatakan pemutakhiran data bagi Kota Bandung merupakan suatu keharusan, ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk menjamin keakuratan data penduduk, mengingat selama ini data penduduk Kota Bandung masih simpang siur, data satu instansi dengan instansi yang lainnya selalu berbeda.

â€Data penduduk yang akurat ini berperan penting dalam penyelenggaraan pemilu kepala daerah tahun depan. Sehingga nantinya pemerintah besama dengan KPU Kota Bandung bisa memastikan jumlah pemilih, TPS, petugas, jumlah surat suara, dan alokasi anggran yang mendekati angka pasti. Ucap Edi.

Dimulainya gerakan pemutakhiran data ini ditandai dengan penyerahan bahan-bahan, topi dan pin sebagai alat kelengkapan Oleh Sekda Kota Bandung, Dr. Edi Siswadi. M.Si, kepada empat orang perwakilan yaitu, kepada Camat Sukasari, Drs. Ronny Ahmad Nurudin, Lurah Sarijadi, Bpk. Mulyana, Ketua RT 1 Kelurahan Sukajadi Bpk. Tata Mulyana, dan Ketua RW 2 Kelurahan Sukajadi Bpk. Hadi Mulyono.

Setelah Pencanangan Gerakan Pemutakhiran Data penduduk di Kota Bandung Tahun 2007, dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bandung, yang diikuti oleh sekitar 190 orang, untuk eselon III dan IV, disaksikan oleh Sekda Kota Bandung dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, serta Sekretaris Bawasda. (www.bandung.go.id)