Berita

Tak Pernah Turun Pamor, Ternyata Peuyeum Bandung Kaya Manfaat

Di tengah gempuran olahan singkong yang viral hari ini, seperti brownies, lapis, hingga croissant dari bahan dasar singkong. Itu tak lantas menurunkan pamor peuyeum bandung, lho. Ternyata peuyeum bandung ini kaya akan manfaat, lho. Proses fermentasi yang terjadi di pembuatan peuyeum ini mengandung berbagai jenis mikroorganisme yang dapat meningkatkan produksi Vitamin B12. .

Sherly Putri Kamis, 30 Juni 2022 18:24
Siaran Pers Diskominfo Kota Bandung
30 Juli 2022
Siaran Pers Diskominfo Kota Bandung 30 Juli 2022

Apa yang terlintas dibenakmu ketika mendengar Peuyeum Bandung? Pasti ada yang menjawab Nining Meida sebagai pelantun lagu Peuyeum Bandung yang hits pada masanya. Dan tak sedikit juga yang berpikir itu adalah makanan khas Bandung, kan?

Yaps, jawabanmu tidak ada yang salah kok! Baik lagu ataupun makanan khas, kedua jawaban tersebut benar sekali. 

Kali ini Humas Kota Bandung mau bahas tentang makanan khas Bandung.

Di tengah gempuran olahan singkong yang viral hari ini, seperti brownies, lapis, hingga croissant dari bahan dasar singkong. Itu tak lantas menurunkan pamor peuyeum bandung, lho.

Sebelum jauh ke pembahasan, alangkah lebih baik kita tilik terlebih dahulu dari sisi sejarahnya. Peuyeum ini dipercaya sebagai makanan yang dapat menghangatkan tubuh.

Apalagi Bandung terkenal dengan cuacanya yang dingin. Terlebih, peuyeum sebagai pengganti nasi yang pada zaman dahulu masih langka ditemukan.

Prosesnya pun terbilang lama untuk dapat menciptakan makanan lezat satu ini. Itu karena singkong harus diolah dengan begitu hati-hati, mulai dari memilih singkong berkualitas, memotong pangkal dan ujungnya, dikupas lalu dibersihkan, hingga proses fermentasi selama 2-3 hari.

Dulu, para penjual peuyeum bandung ini berjualan dengan cara berkeliling, tapi sekarang sudah banyak juga gerobak atau ‘outlet’ yang menjual makanan khas Bandung ini. 

Jadi, enggak usah khawatir bagi para pendatang yang sedang atau akan bertandang ke Bandung jika ingin membawa buah tangan makanan yang menggoyangkan lidah ini. 

Selain rasanya yang legit, ternyata peuyeum bandung ini kaya akan manfaat, lho. Proses fermentasi yang terjadi di pembuatan peuyeum ini mengandung berbagai jenis mikroorganisme yang dapat meningkatkan produksi Vitamin B12. 

Nah, vitamin itu dipercaya dapat membantu mengoptimalkan produksi sel darah merah. Sehingga cocok sekali dikonsumsi bagi seseorang yang Anemia.

Selain itu, manfaat yang dihasilkan dari fermentasi peuyeum ini juga ternyata mengandung cairan probiotik. Zat ini sangat ampuh membunuh bakteri-bakteri jahat yang berdiam diri di dalam saluran pencernaan. Selain itu, diyakini untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memproteksi diri dari racun.

Untuk kamu yang ada rencana menurunkan berat badan, peuyeum bandung juga cocok banget masuk ke dalam list makanan yang wajib dikonsumsi. 

Dikenal sebagai makanan rendah lemak dan tinggi akan karbohidrat dan serat ini dapat membuat organ pencernaanmu bekerja dengan baik.

Jadi, siapa nih yang belum pernah menyicipi peuyeum Bandung? Kalau belum, coba deh masukan peuyeum bandung ke dalam daftar makanan yang wajib dicicipi, karena ketika memakannya kamu akan mendapatkan dua kenikmatan sekaligus. Selamat mencoba, nyum! (Sherly Putri)**


Kepala Diskominfo Kota Bandung

Yayan A. Brilyana