Hiburan

Cari Kacamata Murah? Jalan ABC Solusinya!

Siapa di sini yang gemar mengoleksi kacamata? Tapi beli di optik harganya sangat melambung tinggi? Tahu enggak sih, selain terkenal dengan gerai elektroniknya, di sepanjang Jalan ABC juga ada Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menjual kacamata dengan harga miring.

Humas Kota Bandung Kamis, 21 Juli 2022 14:05
img
img
img
img
img
img
Toko Kacamata Jalan ABC

Salah satu kawasan di tengah kota yang menghubungkan Jalan Suniarja dan Jalan Otista ini sudah terkenal sejak lama.

Beragam warna, model, dan merek dapat Anda pilih sesuai dengan selera dengan tidak perlu khawatir akan mengeluarkan kocek begitu tinggi.

Salah satu pemilik optik kaki lima yang diberi nama Berkah Lens, Astri Kartina mengaku kualitas yang ditawarkan sudah sesuai dengan standardisasi optik berkelas.

“Di kami (optik kaki lima), meskipun harganya jauh berbeda dengan di optik besar tetapi kualitasnya sangat menyesuaikan yang dijual di sana,” akunya kepada Humas Kota Bandung, Selasa, 19 Juli 2022.

Astri mengatakan, para pedagang di sini memiliki gudangnya sendiri untuk memproduksi kacamata sesuai dengan keinginan konsumen.

“Ada gudangnya sendiri, meski begitu lensanya kami langganan dengan beberapa optik besar,” katanya.

Menyiasati terkurasnya pengeluaran konsumen, beberapa PKL menyediakan jaga cek mata gratis. Sedang jika konsumen menginginkan tetap cek mata di optik besar biasanya hanya membayar biaya sebesar Rp50.000 saja.

“Kacamata sebelumya kami bawa untuk dicocokan menggunakan lensanya. Apakah normal, minus, ataupun plus? Setelah kami memiliki patokan, baru dapat diperiksakan dengan menggunakan kacamata optik seperti yang sedang dicek mata pada umumnya,” jelasnya.

Terdapat berbagai bingkai kacamata kekinian dengan bahan yang bervariasi. Harganya pun dibandrol mulai dari Rp60.000 hingga Rp300.000 sesuai dengan kualitasnya.

Pun, dijual mulai dari Rp90.000 hingga Rp400.000 sesuai dengan besaran lensanya. Selain itu disesuaikan juga dengan jenis lensanya.

Salah satu pembeli, Rita Rosita mengaku sejak lama sudah berlangganan membeli kacamata di Jalan ABC ini.

“Saya dari dulu waktu SMP, pernah sekali beli kacamata di optik besar. Tetapi, disaat kelas 2 SMP saya diajak Almarhum Bapak untuk membeli kacamata di Jalan ABC. Kualitasnya sama saja, enggak ada yang beda,” akunya.

Selain itu, ia merasa di optik kaki lima ini bingkainya lebih bervariasi dan kekinian.

“Enggak tahu benar atau memang kebetulan, saya rasa di sini itu bingkainya lebih kekinian. Segala warna dan bentuk lengkap sekali, terpenting harganya bisa ditawar,” akunya. (Sherly Putri)**


Kepala Diskominfo Kota Bandung

Yayan A. Brilyana