Berita

Tambah Ruang Publik, Pemkot Bandung Resmikan Ciko Arena 1

Pemerinta Kota (Pemkot) Bandung terus menambah ruang publik. Terbaru, Pemkot Bandung meresmikan ruang publik di area situ Otong Kawasan Kelurahan Binong Kecamatan Batununggal.

Humas Kota Bandung Senin, 25 Juli 2022 15:10
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
Peresmian Ciko Arena 1

Ruang publik ini dibangun di lahan bekas penertiban bantaran sungai.

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana secara resmi meresmikan ruang publik yang diberi nama Ciko Arena 1, Senin 25 Juli 2022.

"Pemerintah kota bandung berkomitmen memaksimalkan fungsinya dan menjadikan situ ini sebagai fasilitas umum, yakni dengan membuat aquascape sebagai ekosistem air tawar yang dipadukan dengan seni dekorasi berbagai unsur penunjangnya," kata Yana.

Di ruang publik Ciko Arena 1 tersebut dibangun taman bawah air (aqua scape) dan pump track. Hal ini sebagai upaya memaksimalkan fungsi Situ Otong sebagai tempat bermain, berolah raga, dan berekreasi dan sarana wisata

"Selain itu, Situ Otong ini juga bisa memberikan manfaat untuk resapan air untuk sumber air dan mudah-mudahan bisa menjadi fasilitas publik yang bisa dimanfaatkan oleh siapapun," katanya.

Yana mengatakan, pembangunan ruang-ruang publik di Kota Bandung merupakan hasil kolaborasi berbagai pihak mulai dari pemerintah, komunitas dan berbagai lintas sektor lainnya.

"Mudah-mudahan semangat kolaborasi ini, bisa kita tingkatkan untuk membangun ruang-ruang publik ini terus kita lakukan di masa-masa mendatang," ujarnya.

Ia berharap, berbagai fasilitas dan publik yang telah dibangun dapat dipelihara dan dijaga oleh semua pihak.

"kuncinya adalah bagaimana kita semua memelihara tempat ini karena jangan sekedar kita bisa membangun tapi tentu kita juga harus mampu memelihara," kata Yana.

"Semoga bisa memberikan manfaat sebanyak-banyaknya bagi masyarakat kota Bandung," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Kota Bandung, Yudi Cahyadi mengapresiasi dan menyambut baik diresmikannya ruang publik baru tersebut.

"Ini adalah mengimplemetasian salah satu visi Kota Bandung yaitu nyaman. Pemanfaatan tata ruang kota Bandung maka area-area publik seperti ini sangat dibutuhkan," kata Yudi.

Yudi berharap, pembangunan ruang ruang publik ini dapat memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat.

"Hal yang sudah ditorehkan oleh Pemerintah Kota Bandung dengan kolaborasinya dengan berbagai pihak ini bisa kemudian dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat kota Bandung," ujarnya.

Ruang Publik Ciko Arena 1 di Kelurahan Binong dibangun dilahan seluas 1367 meter. Peresmian Ditandai dengan melepas perahu oleh Wali Kota Bandung, Dansektor 22 Citarum Harum, DPRD Kota Bandung, beberapa kepala OPD dan komunitas. (rob)*


Kepala Diskominfo Kota Bandung

 

Yayan A. Brilyana