Hiburan

Dua Tahun Absen, Warga Maleer Rayakan Kemerdekaan dengan Lomba Pakai Celana Hingga Seminar

Perayaan Kemerdekaan Indonesia pada tahun ini terasa berbeda. Pasalnya, setelah 2 tahun pandemi Covid-19 melanda, akhirnya warga Indonesia termasuk warga Kota Bandung sudah bisa melaksanakan perlombaan dan acara seperti tahun-tahun sebelumnya.

Humas Kota Bandung Rabu, 17 Agustus 2022 18:30
img
img
img
img
img
img
Lomba 17an Kelurahan Maleer

Salah satu wilayah yang ikut memeriahkan kemerdekaan Indonesia adalah warga wilayah RW 01 Kelurahan Maleer, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung. 

Warga wilayah tersebut sangat antusias dalam perayaan HUT ke-77 RI ini. Para pemuda pun bergotong-royong menyusun sejumlah acara yang telah menjadi tradisi.

Perayaan digelar dari 14 Agustus hingga 10 September 2022 mendatang. Ada 19 macam perlombaan yang bisa diikuti oleh semua kalangan dari mulai anak-anak, remaja hingga dewasa. 

Dari semua perlombaan ada satu perlombaan yang memang unik yaitu lomba memakai celana tanpa tangan, lomba tersebut unik karena yang berpartisipasi adalah Ibu-Ibu.

Bukan hanya perlombaan saja, panitia juga mengadakan bazar UMKM. Bazar tersebut bertujuan untuk membantu warga sekitar yang memang memiliki usaha agar lebih dikenal oleh warga di lingkungan sekitar. 

Ketua Karang Taruna RW 01, Hilmansyah, mengatakan, karena tahun kemarin masih adanya pembatasan kegiatan dari pemerintah, maka wilayahnya pun tidak mengadakan acara perayaan HUT RI.

"Tetapi syukurnya pada tahun ini kami bisa melaksanakannya kembali karena pemerintah sudah memperbolehkan mengadakan acara dengan syarat tetap melaksanakan protokol kesehatan," ujarnya.

Ketua Pelaksana Acara Peringatan HUT ke-77 RI RW 01, kelurahan Maleer, Rilandy, mengatakan, acara peringatan kali ini, mengangkat tema “Hari Kemerdekaan Sebagai Ajang Untuk Menyongsong Maleer Smart Society 5.0 (Knowledge, Skill, Attitude, and Value)”. 

Pada bazar ini, terdapat 10 warga yang berpartisipasi, salah satunya adalah Agi.

“Karena adanya bazar di acara ini, omzet jualan saya naik dibanding hari biasanya, dan saya merasa terbantu," ujar Agi.

Ibu Ema, salah satu warga RT 03 berpendapat, "acara peringatan HUT ke-77 RI merupakan acara yang positif, acara ini bisa menjadi suatu momen kebersamaan warga RW 01 setelah pandemi".

"Bukan hanya memperingati HUT RI saja, acara ini juga bisa menjadi ajang pembelajaran bagi pemuda RW 01 untuk belajar bagaimana berorganisasi dan menyusun suatu acara," tuturnya.

Acara peringatan HUT ke-77 RI ini akan terus berlanjut hingga puncaknya nanti pada tanggal 10 September 2022. Pada puncak acaranya, panitia mengatakan akan mengadakan seminar dan acara hiburan. 

Seminar ini akan diisi oleh warga-warga setempat yang memang dapat menginspirasi, dan juga memberikan topik-topik bermanfaat untuk warga di lingkungan tersebut. 

Sekertaris RW 01, Sutaryat berharap, acara perayaan kemerdekaan selanjutnya bisa terus dilaksanakan, agar budaya peringatan HUT RI ini terus berjalan.

"Semoga ke depannya bisa melahirkan inovasi-inovasi baru serta bisa lebih berkembang lagi," harapnya. (salma/siti)**


Kepala Diskominfo Kota Bandung


Yayan A. Brilyana