Pemda

ANUGERAH BUDAYA KOTA BANDUNG 2007

Sebanyak 10 orang seniman/budayawan memperoleh penghargaan, dari Pemerintah Kota Bandung. Penghargaan diserahkan oleh Wali Kota Bandung, H. Dada Rosada SH. M.Si

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:33
ANUGERAH BUDAYA KOTA BANDUNG 2007
ANUGERAH BUDAYA KOTA BANDUNG 2007

Sebanyak 10 orang seniman/budayawan memperoleh penghargaan, dari Pemerintah Kota Bandung. Penghargaan diserahkan oleh Wali Kota Bandung, H. Dada Rosada SH. M.Si. pada acara Malam Anugerah Budaya Kota Bandung 2007, di Ball Room Hotel Savoy Homan, Jl. Asia Afrika, Rabu (5/9/07).

            Penghargaan diberikan kepada mereka, baik perseorangan maupun kelompok yang telah juga mengharumkan nama Bandung, baik kancah nasional maupun internasional melalui karya-karyanya dibidang seni dan budaya.

            â€Anugerah Budaya Kota Bandung 2007 ini, merupakan kali kedua dilaksanakan. Tahun sebelumnya yang menerima Anugerah hanya enam orang, tetapi sekarang bertambah menjadi sepuluh orang†Ujar Dr. H. Juniarso Ridwan, M.Si. selaku ketua Penyelenggara.

Dr. Ganjar Kurnia, Ir., DEA. Selaku ketua Dewan Juri, mengatakan 10 orang penerima Anugerah merupakan hasil seleksi  dari sekitar 80 nominasi. Ke-10 penerima Anugerah tersebut adalah Ajip Rosidi (seni sastra), Apung  Supena Wiratmadja (seni mamaos tembang sunda), Aki Anong (pembuat gitar klasik), Bimbo (seni musik),  Enoch Atmadibrata (seni tari), Euis Komariah (seni mamaos tembang sunda), Himendra Wargahadibrata (Akademisi/pemerhati kesenian), Nyoman Nuarta (seni patung), Saung Angklung Udjo (pengembang angklung), dan studiklub Teater Bandung/STB (seni teater).

â€Selain memperoleh piagam penghargaan, mereka juga mendapatkan uang tunai sebesar 7,5 juta Rupiah,†ujar Ganjar.

            Wali Kota Bandung, H. Dada Rosada SH. M.Si. dalam sambutannya mengatakan, Anugerah Budaya Kota Bandung 2007 adalah salah satu bentuk pengakuan dan Apresiasi pemerintah terhadap perjuangan para budayawan dan seniman Kota Bandung, dalam hal pelestarian dan pengembangan kekayaan lokal, yang secara konkret merupakan daya tarik dan faktor keunggulan Kota Bandung.

            â€Saya merasa bangga terhadap sosok seniman/budayawan yang meraih anugerah Budaya Kota Bandung Tahun 2007, karena mereka sangat pantas menerimanya. Karya kreatif mereka telah mengangkat citra Kota Bandung dalam pergaulan regional Jawa barat dan Nasional,†ujar Dada.

            Wali Kota berharap pemberian Anugerah Budaya Kota Bandung 2007, akan dijawab lantang oleh budayawan dan seniman Bandung, melalui ekspresi karya dan keteladan yang berkesinambungan, sehingga generasi yang akan datang masih bisa melihat dan merasakan keluhuran budaya lokal, untuk dijadikan sumber inspirasi dalam meningkatkan produktivitas meraih kemajuan yang bermartabat.

            â€Mudah-mudahan budaya Kota Bandung dengan segala produknya senantiasa menjadi ruh bagi kemajuan Kota Bandung sebagai kota jasa yang bermartabat,†Ujarnya. (www.bandung.go.id)