Berita

Bikin Ngiler! Tjuanki Stasion yang Lekoh dan Super Tetelan

Siapa yang tak kenal dengan cuanki, makanan berkuah salah satu khas bumi parahyangan ini? Apalagi dipadupadankan dengan tetelan yang empuk dilumuri sambal yang istilah Sundanya 'seuhah' (pedas) membuat nikmat.

Humas Kota Bandung Minggu, 19 Februari 2023 18:37
SOURCE : https://images.app.goo.gl/94ejEawL7wFZL87L6
SOURCE : https://images.app.goo.gl/94ejEawL7wFZL87L6

Kali ini Humas Kota Bandung berkesempatan untuk menyicipi kenikmatan cuanki di Tjuanki Stasion. Lokasinya di Jalan Kebon Kawung No. 6 seberang Hotel Zodiak Bandung. Lokasinya juga tak jauh atau hanya sekitar 200 meter dari Stasiun Bandung.

 

Berkonsep vintage, Tjuanki Stasion ini memiliki berbagai menu. Di antaranya cuanki spesial, sotomie brisket, cuanki polos, dan indomie goreng. 

 

Di sana juga disediakan sejumlah topping dan pelengkap. Mulai dari baso urat, siomay goreng, tahu kukus, cuanki batagor, cuanki lidah, dan tetelan.

 

"Ini lokasinya dekat dari Stasiun Bandung. Jadi biasanya kalau orang berpergian, itu kurang rasanya kalau belum 'nyuanki' (makan cuanki). Maka kami hadir menjual cuanki di dekat stasiun," kata Pengelola Tjuanki Stasion, Riandi Rangga.

 

Rumah makan yang berdisi sejak 2021 itu memiliki ciri khas dari cuanki lainnya. Yaitu kuah yang 'lekoh' (kental) dengan kaldu istimewa. Tak hanya itu, tetelan pun menjadi topping andalan untuk kenikmatan disetiap gigitannya. 

 

"Perbedaannya kita terkenal kuahnya lekoh atau ngaldu (kaldunya terasa) juga tetelannya lumayan banyak, kita pakai daging brisket," jelasnya. 

 

Disinggung soal bahan cuanki, Riandi mengaku, beberapa dibuat sendiri. Tetapi ada juga yang dikirim langsung dari Kota Intan alias Garut. 

 

"Ada beberapa yang kita costum (makanannya). Ada juga bahan lainnya yang kita ambil langsung dari Garut," ujar Rianda. 

 

Soal harga ternyata tidak bikin kantor kering. Yaitu mulai dari Rp18.000 -Rp27.000. Jika tak sempat ke sana, konsumen juga bisa memesannya melalui aplikasi online seperti Grab Food, Traveloka Eats dan Shopee Food. 

 

Sedangkan jam operasional mulai pukul 11.00 hingga 21.00 WIB. Selain di Kota Bandung, Tjuanki Stasion juga bisa ditemui di Kota Cimahi dan Cianjur. Untuk informasi lengkapnya bisa mengunjungi akun Instagram @tjuankistasion.

 

Jadi tunggu apalagi, yuk nyuanki di Tjuanki Stasion! Cuanki tetelan dengan kuah lekoh dilumuri sambal daun jeruk, nyam. (yan)**

 

 

Kepala Diskominfo Kota Bandung 

 

 

 

Yayan A. Brilyana