Berita

Duta Genre Jadi Panutan Remaja Kota Bandung

Sebanyak 60 Duta Genre Kota Bandung dikukuhkan Ketua TP PKK/Bunda Genre Kota Bandung, Yunimar Mulyana di Ahadiat Hotel dalam acara Genreaction #6, Kamis 16 Maret 2023.

Humas Kota Bandung Kamis, 16 Maret 2023 18:46
img
img
img
img
img
img
img
img
Acara Genreaction #6, Kamis 16 Maret 2023

Dalam sambutannya, Yunimar berpesan Duta Genre harus menjadi percontohan (role model) bagi teman sebaya dan bisa dekat dengan masyarakat.

“Ini merupakan kesempatan untuk menunjukkan eksistensi kita sebagai manusia yang bermanfaat untuk sesama,” ucapnya.

Ia berharap, Duta Genre dapat mengajak teman sebaya remaja Kota Bandung untuk menjauhi tiga permasalahan, yaitu perkawinan usia anak, seks bebas, dan penyalahgunaan napza.

“Besar harapan kami agar Duta Genre menjadi bagian tidak terpisahkan dalam upaya menekan tiga permasalan tadi,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Bandung, Dewi Kaniasari menyebut, tujuan dari kegiatan Genreaction #6 antara lain untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan remaja terkait perencanaan kehidupan berkeluarga melalui modifikasi lomba-lomba yang mengandung materi substansi genre.

“Hasil yang diharapkan antara lain meningkatnya kemampuan Duta Genre Kecamatan untuk memahami materi isi 4 substansi genre, meningkatkan harmonisasi antara bunda dan duta genre di wilayah masing-masing," katanya.

"Serta meningkatkan sosialisasi program genre oleh duta dan bunda genre sebagai bentuk partisipasi dalam mewujudkan karakter bangsa pada remaja dalam rangka persiapan menuju Indonesia Emas 2045,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Genreaction #6 merupakan salah satu contoh nyata proses pelibatan remaja secara bermakna dalam bentuk Festival Lomba Genre.

Dalam festival tersebut, para Duta Genre dilombakan beserta pula para Bunda Genre di masing-masing wilayahnya.

Adapun para pemenang festival ini adalah:
Juara 1: Kecamatan Panyileukan,
Juara 2: Kecamatan Bandung Kulon,
Juara 3: Kecamatan Arcamanik,
Juara Harapan 1: Kecamatan Ujungberung,
Juara Harapan 2: Kecamatan Sukasari. (ray)**


Kepala Diskominfo Kota Bandung 

Yayan A. Brilyana