Berita

Resmi! Kota Bandung dan Kawasaki Kerja Sama Peningkatan SDM Pengolahan Air Limbah

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan Kota Kawasaki, Jepang melakukan kerja sama dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) pengolahan air limbah dan kualitas udara di Kota Bandung.

Humas Kota Bandung Rabu, 17 Mei 2023 17:07
img
img
img
img
img
img

Hal itu tertuang dalam penandatanganan Implementation Agreement (AI) antara Biro Pengelolaan Air Kawasaki, Perumda PDAM Tirtawening, Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM), Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan disaksikan langsung oleh Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna saat Kick Off dan Seminar Bandung City & Kawasaki City Gesuidou Project di Hotel Holiday Inn Pasteur Bandung, Rabu 17 Mei 2023.

Chief Management Officer Biro Pengelolaan Air Kota Kawasaki, Osawa Taro mengatakan, kerja sama ini dalam rangka pelatihan SDM untuk pengelolaan air limbah yang nanti bisa disosialisasikan kepada masyarakat.

Selain itu, dilakukan pertukaran pengetahuan dan pengalaman Kota Kawasaki yang mempunyai teknologi pengelolaan air limbah yang ramah lingkungan dan akan diaplikasikan di Kota Bandung

"Hal ini untuk mewujudkan peningkatan kualitas air limbah di Kota Bandung," katanya.

Project ini, kata dia, akan langsung berjalan dalam jangka waktu 3 tahun sejak ditandatanganinya AI. 

"Maka dalam waktu 3 tahun staf Pemkot dan Perumda akan mendapatkan pelatihan pengolahan air limbah dari Kota Kawasaki," ujarnya.

Atas hal itu, Pelaksana Harian Wali Kota Bandung, Ema Sumarna mengapresiasi adanya kerja sama pengolahan air limbah dengan Kota Kawasaki.

Menurutnya, manajemen pengelolaan air limbah penanganan kualitas lingkungan hidup masih perlu atensi dan perhatian dari semua pihak.

Dengan hadirnya kerja sama ini menjadi keuntungan bagi Kota Bandung dalam upaya peningkatan kapasitas dan kemampuan sumber daya aparatur khususnya dalam penanganan kualitas air. Termasuk di dalamnya air limbah dan upaya peningkatan kualitas udara di Kota Bandung.

"Semoga dapat memberikan perbaikan terutama dalam pengelolaan air limbah dan kualitas udara di kota Bandung," katanya.

Sebagai informasi, kerja sama ini merupakan lanjutan dari MoU yang sudah dilaksanakan antara Kota Bandung dan Kawasaki pada 6 Februari 2020 lalu.

Kerja sama ini juga didukung oleh Japan Internasional Cooperation Agency (JICA) Indonesia serta Kementerian PUPR. (rob)**


Kepala Diskominfo Kota Bandung

 

Yayan A. Brilyana