Keberadaan Perpustakaan Kelurahan Diharapkan Tumbuhkan Minat dan Budaya Baca Masyarakat

Harga buku bacaan termasuk buku cerita yang relatif mahal, harus diakui, akan berdampak pada kurangnya minat baca. Untuk menyiasatinya, Pemerintah Kota Bandung

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:34
Keberadaan Perpustakaan Kelurahan Diharapkan Tumbuhkan Minat dan Budaya Baca Masyarakat
Keberadaan Perpustakaan Kelurahan Diharapkan Tumbuhkan Minat dan Budaya Baca Masyarakat

Harga buku bacaan termasuk buku cerita yang relatif mahal, harus diakui, akan berdampak pada kurangnya minat baca. Untuk menyiasatinya, Pemerintah Kota Bandung sejak Tahun 2000,  melalui Keputusan Wali Kota Bandung Nomor 819/2000, setiap kelurahan dan kecamatan di Kota Bandung wajib menyelenggarakan perpustakaan.

Berkaitan dengan ini, Kantor Persputakaan dan Arsip Daerah (Pusarda) Kota Bandung selaku pembina fungsional, memberi 600 exemplar koleksi buku perpustakaan kepada 5 kelurahan yaitu Kelurahan Cijagra Kec Lengkong, Kel Kopo Kec Bojongloa Kaler, Kel Ledeng Kec Cidadap, Kelurahan Jamika Kec Bojongloa Kaler dan Kelu Pasir Biru kec Cibiru.yang dapat dimanfaatkan masyarakat umum.

Bantuan diserahkan langsung Asisten Administrasi, H Tjutju Nurdin SH, dalam kesempatan upacara penaikan bendera, di Plaza Balaikota  Jalan Wastukancana 2 Bandung, Senin (4/2/08).

Keberadaan perpustakaan di tiap kelurahan, dikatakan Tjutju, memungkinkan masyarakat memperoleh buku bacaan tanpa usah membeli sehingga diharapkan akan mendorong minat dan budaya gemar membaca di kalangan masyarakat, sekaligus mendukung perwujudan Bandung Cerdas 2008.

Kepala Kantor Pusarda Kota Bandung, Dra Hj Noneng mengemukakan, buku tersebut merupakan bantuan Badan Perpustakaan Daerah Prop Jawa Barat kepada kelurahan terseleksi yang pengelolaannya telah mendapat bimbingan teknis tenaga perpustakaan.  

Menurutnya, dengan tambahan 600 buku  tersebut, akan menambah 300 koleksi perpustakaan kelurahan, meliputi buku cerita fiksi dan non fiksi, pengetahuan umum, teknologi tepat guna dan ketrampilan praktis, agama, pendidikan, peternakan, pertanian dan perikanan. Seluruhnya  berjumlah 300 judul. (www.bandung.go.id)