Penyerahan Serifikat ISO 9001 : 2000

Dalam upaya meningkatkan pelayanan publik, Pemerintah Kota (Pemkot) <?xml:namespace prefix = st1 ns = "urn:schemas-microsoft-com:office:smarttags" />Bandu

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:34
Penyerahan Serifikat ISO 9001 : 2000
Penyerahan Serifikat ISO 9001 : 2000

Dalam upaya meningkatkan pelayanan publik, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menerapkan  Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001 : 2000 pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) penyelenggara pelayanan publik. Untuk Tahun 2008, telah ditetapkan 12 SKPD meliputi lembaga teknis daerah , dinas-dinas  daerah, di lingkungan kesehatan termasuk rumah sakit, serta kecamatan dan kelurahan pilot project yang nantinya akan dikembangkan di seluruh kecamatan se Kota Bandung.

Hal ini disampaikan Asisten Pemerintahan Setda Kota Bandung, Drs. H. Kiki Achmad Zakiah M.Si dalam acara penyerahan SMM ISO 9001 : 2000 kepada Walikota Bandung, H. Dada Rosada SH, M.Si untuk Pusat Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut (PPKGM), diserahkan Comercial Director PT. Sucofindo, Arif Safari.   Dirangkaikan sosialisasi kepada seluruh pimpinan SKPD dengan menghadirkan nara sumber Yerri Taizar (Vice President SBU SICS PT Sucofindo) dan Hasan Anshari (Direktur PT Point Development)

Sosialisasi dikatakan Kiki, dimaksudkan untuk memotivasi SKPD dan unit kerja lain, untuk meningkatkan pelayanan publik sesuai SMM ISO 9001 : 2000. ”Ini semua akan menjadi tolok ukur keberhasilan kinerja kepala SKPD atau unit kerja dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, sekaligus alat kontrol dari realisasi dari kontrak jabatan dari masing-masing pejabat di lingkungan Pemkot Bandung,” jelasnya.

Tujuan diterapkan sistem ini, menurutnya, adalah manifestasi upaya peningkatan kualitas pelayanan dan membangun citra birokrasi  yang lebih baik, sejalan dengan amanat UU 25 Tahun 2000 tentang Program pembangunan Nasional (Propenas), yang mengharuskan meningkatkan pelayanan publik, wujudnya memberikan pelayanan yang bermutu tinggi atau pelayanan prima.

Pelaksanaan di lingkungan Pemkot Bandung, Kiki menuturkan, sejumlah tahap persiapan telah dilakukan, meliputi pembentukan tim persiapan penerapan SMM ISO 9001 : 2000 dengan ditetapkannnya SK Wali Kota Bandung No 417/Kep.132/2007. Tim ini bertugas mengkoordinasikan dan melaksanakan pendampinan pelaksanaan penerapan standar mutu pelayanan pada Dinas Kependudukan (Disduk) dan Pusat Pelat Kesehatan Gigi dan Mulut (PPKGM) Kota Bandung.

Tahap berikutnya, melakukan pengkajian awal, evaluasi dan analisis, dilakukan konsultan terhadap sistem-sistem yang sedang berjalan saat ini di Disduk dan PPKGM. Juga  bimbingan teknis atau pelatihan tata cara penerapan dan pendokumentasian bagi para pejabat di kedua SKPD ini.

Dirut PT. Point Development Internasional, Hasan Ashari,  menjelaskan SMM ISO 9001 : 2000 adalah proses pengelolaan organisasi meliputi perencanaan, penerapan, evaluasi dan penyempurnaan, ditunjukan untuk menghasilkan kinerja layanan yang sesuai dengan harapan pengguna atau masyarakat. Dasar perlunya menerapkan sistem ini, menurutnya karena tuntutan perubahan pola pikir masyarakat, ketentuan pemerintah tentang penyelenggaraan layanan publik, serta tuntutan kinerja organisasi dan –perlunya efisiensi.

Prinsip-prinsip penerapan, meliputi fokus terhadap pelanggan, kepemimpinan, keterlibatan karyawan, pendekatan proses, pendekatan sistem manajemen, perbaikan berkesinambungan, pendekatan faktual dalam pengambilan keputusan dan hubungan yang saling menguntungkan dengan pemasok. Ini besar manfaatnya, bagi penyelenggara dalam ini Pemkot Bandung dalam merumuskan target kinerja, baik organisasi maupun setiap fungsi terukur dan jelas sesuai kebijakan, visi dan misi yang ditetapkan, sistem administrasi dan pelaporan terkelola dengan baik, system audit secara berkala mengarah pada konsistensi kegiatan dan administrasi pelaporan, tinjauan secara berkala atas pencapaian kinerja dan permasalahan yang dihadapi.

Manfaat bagi pimpinan, sebagai alat untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas, melalui kerjasama dan komunikasi yang lebih baik, sistem pengendalian yang konsisten serta pengurangan pemborosan karena operasi internal menjadi lebih baik. Manfaat bagi karyawan, adanya kejelasan peran dan tanggungjawab serta meningkatkan disiplin bekerja karena prosedur kerja terstandar dan jelas, target kinerja terukur dan selalu dievaluasi dan mendidik disiplin. Sedangkan manfaat bagi eksternal, meningkatkan kepuasan pelanggan (masyarakat) dan citra organisasi serta mendapatkan pengakuan secara nasional maupun internasional, memberikan perubahan yang positif terhadap budaya/kukltur akan mutu produk atau jasa kea arah yang berorientasi pelayanan kepada masyarakat.

Penerapan SMM ISO 9001 : 2000 di PPKGM, ditandaskan walikota, merupakan manifestasi dari reformasi birokrasi di lingkungan Pemkot Bandung. Diharapkan akan menjadi salah satu upaya penting dalam menciptakan sistem pelayanan publik yang pro rakyat, dengan menempatkan masyarakat sebagai pelanggan yang harus dilayani dengan baik,proporsional dan maksimal.

“Dengan pemberian sertifikat ISO 9001 : 2000, saya percaya masyarakat yang selama ini cenderung lebih memilih pelayanan berobat gigi ke dokter swasta, kemungkinan akan banyak berobat ke PPKGM karena pelayanannya lebih bagus. Apalagi jika berobat ke PPGM, selain tempatnya nyaman, cepat dan memuaskan, ada jaminan pasien yang dilayani tidak akan merasakan sakit. Saya juga suatu saat akan mencoba berobat ke PPKGM,” kata walikota.

Dipertahankannya PPKGM sebagai Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) yang sekarang menjadi Rumah Sakit Khusus Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut (RSKGM), karena sebelumnya telah mampu menunjukan kinerja baik dengan meraih penghargaan Citra Pelayanan Prima dari Pemerintah Pusat. Sehinga diyakini, dengan penerapan SMM ISO, akan lebih meningkat lagi pelayanannya kepada pelanggan termasuk pengelolaannya sesuai standar nasional maupun internasional.   (www.bandung.go.id)