Keagamaan

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, ASN Harus Tiru Akhlak Rasulullah

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna meminta para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meniru akhlak dan perilaku Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari.

Humas Kota Bandung Rabu, 11 Oktober 2023 17:31
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img

Permintaan Ema dilontarkannya saat acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar Pemkot Bandung di Masjid Agung Al Ukhuwah, Rabu 11 Oktober 2023. 

"Peringatan ini memiliki berbagai nilai positif. Sebagai umatnya, kita tentu harus meniru dan menjalankan kehidupan seperti Rasulullah SAW," kata Ema.

Ema mencontohkan, sifat Rasulullah SAW salah satunya jujur dan dapat dipercaya. Dengan demikian, para ASN sebagai pelayan publik juga harus memiliki sifat jujur dan amanah. 

"Kita sebagai aparatur harus jujur berintegritas sehingga mampu menghadirkan kepercayaan kepada masyarakat. Itu ciri pelayan publik," ungkapnya. 

Di luar itu, Ema kembali mengajak seluruh ASN untuk menerapkan zero waste di wilayah kerja masing-masing. Apalagi saat ini Kota Bandung tengah berstatus darurat sampah. 

Ema mengungkapkan, dirinya saat ini tengah bersafari ke setiap kecamatan untuk memastikan pengelolaan sampah ditangani mulai dari sumbernya. 

"Saya baru 5 kecamatan berkeliling memastikan pengelolaan sampah. Sisanya tinggal 25 kecamatan lagi untuk memberikan edukasi," ungkapnya. 

Ema berharap pengelolaan sampah di Kota Bandung tidak konvensional, yaitu kumpul, angkut dan buang. Namun, mampu memilah mulai dari sumbernya. 

"Jadi kita dorong seluruh ASN bahkan para pegawai di Kota Bandung untuk meminimalisir penggunaan sampah. Jadi kita bisa memanfaatkan tumbler untuk minum. Ini salah satu upaya pengurangan sampah," bebernya. 

Sementara itu, Penceramah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, K.H Tengku Maulana mengungkapkan, sebagai pribadi muslim harus memiliki keteguhan hati yang kuat.

"Pribadi muslim itu konsisten. Tahu batasan, mana yang dibolehkan dan mana yang dilarang," tegasnya.(yan)**

 

Kepala Diskominfo Kota Bandung

Yayan A. Brilyana