Pendidikan

Keren! Lima Sekolah di Kota Bandung Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional

Lima sekolah di Kota Bandung mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasionall Tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti KLHK Jakarta, Selasa 17 Oktober 2023.

Humas Kota Bandung Selasa, 17 Oktober 2023 20:11

Dari 417 sekolah penerima penghargaan Adiwiyata Nasional, terdapat lima sekolah asal Kota Bandung yakni SDN 189 Neglasari, SDN 240 Cijerah Indah, SDN 200 Leuwipanjang, SDN 099 Babakan Tarogong, dan SDN 250 Jakapurwa.

Penghargaan Adiwiyata diberikan kepada sekolah yang berhasil mendidik siswa menjadi individu yang bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup.

Atas hal tersebut, Pj. Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono mengaku bersyukur dan mengapresiasi sekaligus bangga atas raihan tersebut.

"Saya bangga karena sekolah di Kota Bandung bisa terus berkembang. Praktik-praktik baik dan perilaku ramah lingkungan hidup terus dilaksanakan di sekolah dan sekitar sekolah," katanya. 

Bambang pun mendorong, sekolah di Kota Bandung untuk terus memberikan pendidikan lingkungan bagi para murid dan menghadirkan lingkungan yang baik dan sehat.

Sementara itu, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar memberi selamat kepada sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata 2023.

"Saya atas nama pemerintah mengucapkan selamat kepada 134 sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri dan kepada 417 sekolah yang mendapatkan Adiwiyata Nasional," ucap Siti.

Penghargaan Adiwiyata merupakan program pengembangan pendidikan lingkungan hidup pada jenjang pendidikan dasar hingga menengah yang digelar oleh KLHK.

Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) atau Adiwiyata juga menjadi salah satu upaya dalam pengelolaan lingkungan di Indonesia.

Tercatat, jumlah sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata ini meningkat dari tahun sebelumnya. Terdapat 36,7 persen lebih banyak untuk Adiwiyata Nasional dan 42,5 persen bagi Adiwiyata Mandiri.

"Dengan capaian ini, diharapkan akan semakin cepat upaya Indonesia untuk mencapai SDGs 2030, mempersiapkan diri dalam Indonesia Emas 2045 dan mencapai 'net emission' pada 2060 atau lebih awal," ujarnya.

Penghargaan Adiwiyata 2023 ini merupakan rangkaian Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023. (rob)**


Kepala Diskominfo Kota Bandung

 

Yayan A. Brilyana