Empat Tim MFQ Maju ke Semifinal

<?xml:namespace prefix = st1 ns = "urn:schemas-microsoft-com:office:smarttags" />BANDUNG, (PR).-Empat tim Musabaqah Fahmil Quran (MFQ/cerdas cermat) dari

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:34
Empat Tim MFQ Maju ke Semifinal
Empat Tim MFQ Maju ke Semifinal

BANDUNG, (PR).-
Empat tim Musabaqah Fahmil Quran (MFQ/cerdas cermat) dari Kota Bandung, Kab. Indramayu, Kab. Cianjur, dan Kab. Majalengka maju ke babak semifinal MFQ setelah menyisihkan tim-tim lainnya. Arena MFQ juga diwarnai protes dari kafilah Kota Bogor karena salah satu pesertanya mewakili tim Kab. Subang.

Dalam babak penyisihan MFQ di aula SMAN 8 Jln. Solontongan, Selasa (18/3), tim MFQ Kota Bandung meraih nilai 1.800 unggul dari Kab. Bogor (900) dan Kab. Garut (975). Tim MFQ Kab. Cianjur dengan nilai 1.600 menyisihkan tim MFQ Kab. Ciamis dan Kab. Karawang.

Kejutan terjadi ketika tim MFQ Kab. Majalengka dengan nilai 1.075 unggul atas Kota Banjar (850) dan Kab. Kuningan (775). Tim kuat Kab. Indramayu seperti diperkirakan mampu mengalahkan tim MFQ Kota Tasikmalaya dan Kota Depok dengan selisih nilai cukup jauh 775 poin.

Soal protes Kota Bogor, Ketua Dewan Hakim MFQ, Drs. H. Zainal Abidin menyerahkannya kepada Sekretariat MTQ Jabar untuk diselesaikan. "Apalagi, Kab. Subang dan Kota Bogor akan tampil besok pagi sehingga masalahnya harus selesai sebelum lomba," ucapnya.

Semifinal

Rabu ini, MTQ Jabar mulai memasuki babak semifinal khususnya cabang Musabaqah Menulis Kandungan Alquran (M2KQ) di ruang kelas SMKN 3 Bandung Jln. Solontongan. "Dari 40 peserta yang ikut babak penyisihan diambil 12 ke semifinal. Sementara itu, final, Jumat (21/3), dengan enam peserta masing-masing tiga peserta putra dan putri," ujar anggota Dewan Hakim M2KQ, Agus Ahmad Syafei.

Cabang-cabang lainnya seperti tilawah, hifzhil, tafsir, syarhil masih babak penyisihan bahkan syarhil baru memulai lomba Selasa kemarin. Untuk babak final seluruh cabang, akan dilakukan pada Jumat dan Sabtu (21-22/3).

Sementara itu, cabang Musabaqah Syarhil Quran (MSQ) di Padepokan Seni Jalan Peta mundur dari jadwal semula akibat ketidaksiapan teknis dari panitia. "Walaupun begitu tidak menyurutkan semangat para peserta," ujar Ketua Majelis Hakim MSQ, Dr. H. Syarif Hidayat. (A-71/CA-187)***