Generasi Muda

Ishak Tirta, Berawal Dari Barista Hingga Jadi Juri Indonesia Coffee Master

Para pecinta dan pemerhati kopi, pasti sudah tak asing lagi dengan kompetisi terbesar perkopian, Indonesia Coffee Master. Kompetisi ini rutin digelar setiap tahun.

Humas Kota Bandung Kamis, 16 November 2023 20:48
img
img
img
img
img
img

Acara ini merupakan ajang komptisi bagi para pecinta kopi Indonesia untuk menguji keahlian dan kompetensi mengolah dan meracik kopi.

Menjadi peracik kopi atau barista, kini menjadi profesi yang dapat menghidupi seseorang. Salah satunya Ishak Tirta, yang mengawali karir sebagai barista di salah satu kedai kopi di Kota Bandung. Profesi tersebut mulai ditekuninya pada tahun 2014. 

“Pada awalnya memang saya dulu bukan penggemar kopi, tapi semuanya dimulai di tahun 2014 saya jatuh cinta sama dunia perkopian, akhirnya menjadi peracik kopi. Walaupun pada awalnya memang karena dipaksa oleh beberapa teman-teman lah yang sudah masuk ke dunia industri kopi,” terang Ishak

“Di samping memiliki latar belakang pendidikan di ekonomi perpajakan, saya mengasah ilmu dan kemampuan pada dunia perkopian. Yaitu dengan mengikuti pelatihan-pelatihan bersertifikat,” lnjutnya.

Seiring berjalannya waktu serta berbagai ilmu dan kemampuan yang dimiliki, Ishak mengikuti seleksi sebagai juri Kompetisi Kopi Tingkat Nasional yaitu Indonesia Coffee Master. 

“Dulu pada tahun 2017 saya mengikuti seleksi untuk menjadi juri Indonesia Coffee Master, tapi di tahun itu saya belum beruntung. Pasca pandemi kompetisi ini diadakan lagi saya ikut seleksi lagi dan Alhamdulillah di tahun 2023 ini saya mendapat kepercayaan menjadi juri Indonesia Coffee Master 2023,” ungkap Ishak

Selain menjadi juri Indonesia Coffee Master, Ishak juga merupakan seorang konsultan beberapa coffee shop di berbagai kota. Kini Ishak membuka pelatihan-pelatihan untuk para Barista di Kota Bandung.

“Di samping menjadi konsultan Coffee Shop, saat ini saya juga membuka training atau workshop gitu ya karena saya ingin membagikan ilmu dunia perkopian yang saya miliki, untuk info atau jadwal workshop bisa dilihat di akun Instagram saya ishak_tirta,” ungkapnya.

Ishak memberi pesan untuk seluruh pecinta kopi khususnya di Kota Bandung. Jika sudah memiliki kemampuan mengenai perkopian yang mumpuni, maka alangkah baiknya berani untuk mengikuti kompetisi dan menjadi juri di tingkat yang lebih tinggi.

“Jangan mau tertinggal dengan yang lain, Yakini dirimu bisa mengharumkan nama bangsa,” ujar Ishak. (rer)**


Kepala Diskominfo Kota Bandung

 


Yayan A. Brilyana