Berita

Bantu Ketahanan Pangan, Anak Muda Bandung Antusias Ikuti Urban Futures

Sejumlah anak muda antusias mengikuti Urban Futures di Hotel de Braga by Artotel, 5-6 Maret 2024. Program ini merupakan upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengajak generasi muda untuk menjaga ketahanan pangan.

Humas Kota Bandung Rabu, 06 Maret 2024 16:53
img
img
img
img
img
img

Kegiatan ini dihadiri berbagai elemen mulai dari anak-anak muda seperti Forum GenRe Kota Bandung, pelaku UMKM, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat NTT, dan lembaga-lembaga dibidang pangan.

Salah satunya Bayu Pangestu Duta GenRe Kota Bandung Tahun 2023. Baginya, hal ini menjadi pengalaman pertamanya.

"Seru banget, banyak banget pemahaman tentang pangan yang ada di Kota Bandung ini juga jadi pengalaman baru untuk saya dan bisa banget diimplementasikan di kehidupan. Dan luar biasanya ketika kami remaja bisa dilibatkan," ujarnya.

Ia berharap, para remaja di Kota Bandung bisa ikut berkolaborasi dangan program-program tersebut menjadikan remaja yang sehat, cerdas dan cerita.

Hal serupa diungkapkan Vania Febriyantie dari Seni Tani. Ia telah memanfaatkan lahan tidur bersama anak-anak muda di Kelurahan Sukamiskin menjadi petani muda Kota Bandung.

"Aku merasa program Seni Tani kaya diamini dengan adanya program Urban Futures ini. Apalagi tempatnya di Kota Bandung bareng anak muda pula pas banget sama Seni Tani," tuturnya.

Vania juga berharap bisa berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menjaga ketahanan pangan di Kota Bandung.

"Kita berharap bisa berkolaborasi sama beberapa pihak yang berkaitan dengan pangan sehingga program ini bisa berkelanjutan," kata Vania.

"Harapannya kita bisa kenal makanan dari mana asalnya. Siapa yang menanam dan bagaimana cara menanamnya agar menimbulkan empati dengan sepiring makanan kita," jelasnya.

Perlu diketahui, program Urban Futures diimplementasikan di Kota Bandung Jawa Barat dan Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur.

Sementara itu, Kepala Bidang Perekonomian dan SDA Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPEDA) Kabupaten Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur, Agustinus Gias mengapreasiasi kegiatan Urban Futures Kota Bandung.

"Banyak hal yang bisa kami adopsi untuk bisa kolaborasi beberapa programnya transformasi pangan dan menjadi brainstrorming juga buat temen-teman OPD di Manggarai Barat," ujarnya

"Mudah-mudahan kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar, jika berkesempatan kolaborasi dua Kota dan kabupaten ini bisa berjalan di masa akan datang," imbuhnya.

Sebagai informasi, kick-off di Kota Bandung ini merupakan kolaborasi antara Yayasan Humanis dan Inovasi Sosial, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, Pemerintah Kota Bandung, serta pelaksana RISE Foundation sebagai lead konsorsium KOPAJA (Koalisi Pangan dan Jaringan Anak Muda). (mis)**


Kepala Diskominfo Kota Bandung

 

Yayan A. Brilyana