Berita

Ribuan Warga Antusias Ikut Job Fair 2024 Kota Bandung

Ribuan warga antusias mengikuti Job Fair atau bursa kerja yang digelar Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung. Sejak pagi, warga telah mengantre untuk mengikuti Job Fair yang digelar di Grand Lodakara Hall, Selasa 25 Juni 2024.

Humas Kota Bandung Selasa, 25 Juni 2024 14:10
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img

Salah satunya, Septi (18), sengaja mendaftar untuk mencari pekerjaan di job fair tersebut. Menurutnya, dengan mengikuti job fair dapat mempermudah dirinya dalam mencari pekerjaan.

Ia mengaku tertarik dengan beberapa perusahaan yang rencananya akan ia lamar.

"Tadi ke stand Sosro, Alfamart terus ke IBF. Masih cari-cari belum 'apply'. Sambil lihat-lihat, semoga ada yang berjodoh. Ini mempermudah dalam mencari lowongan kerja," katanya.

Di tempat yang sama, Rama Suryaatmaja (25), warga Bandung mengaku mengetahui job fair ini dari media sosial. Ia yang merupakan mahasiswa lulusan salah satu perguruan tinggi di Bnadung menyebut tengah mencari lowongan pekerjaan di bidang marketing dan sales.

Pada gelaran job fair kali ini, para peserta mendaftar melalui aplikasi New BIMMA yang disediakan Disnaker Kota Bandung. Rama menyebut sangat terbantu dengan adanya aplikasi tersebut.

"Jadi lebih mudah masukin data dan persyaratan, bisa langsung di aplikasi dan lebih memudahkan. Harapannya lebih banyak lagi perusahaan yang join dan harinya bisa ditambah lagi," ujarnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono mengatakan, Pemerintah Kota Bandung terus mendampingi dan memfasilitasi para pencari kerja salah satunya melalui job fair. Ini merupakan salah satu upaya Pemkot Bandung dalam menekan angka pengangguran di Kota Bandung.

"Ini merupakan gelaran job fair yang pertama dan nanti yang kedua pada bulan September 2024 mendatang yang tentunya lebih banyak lagi formasi yang bisa diakses. Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan masyarakat," ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Diskaner Kota Bandung, Andri Darusman mengatakan, hadirnya bursa kerja ini mampu menyerap tenaga kerja dengan optimal. Tahun 2023 terserap 62,09 persen pencari kerja dan saat ini sudah bekerja melalui bursa kerja.

Sedangkan job fair kali ini diikuti oleh 41 perusahaan dengan jumlah lowongan pekerjaan sebanyak 5.435 lowongan. Target pengunjung mencapai 10.000 orang pencari kerja dan dilaksanakan selama 2 hari, 25-26 Juni 2024.

"Kita berharap tenaga kerja yang dapat diserap minimal 50 persen dari jumlah lowongan yang tersedia. Job fair ini juga dilaksanakan secara hybrid bekerja sama dengan jobstreet," ungkapnya.

Rencananya, kegiatan job fair ini dilaksanakan sebanyak 2 kali selama tahun 2024 ini.

"Job Fair tahun ini akan diadakan kembali 2 kali. Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan lulusan fresh graduate. Lulusan SMK atau SMA diharapkan bisa melamar jika tidak melanjutkan jenjang selanjutnya," ungkapnya. (rob)**


Kepala Diskominfo Kota Bandung

 

Yayan A. Brilyana