Berita

“For Your Pancasila” BPIP: Perkokoh Pemahaman dan Penerapan Pancasila di kalangan Content Creator

Dalam upaya merealisasikan arahan Presiden Republik Indonesia terkait pentingnya penanaman nilai-nilai Pancasila pada generasi muda, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) meluncurkan program inovatif "For Your Pancasila” bertajuk “Napak Tilas Sejarah Perjuangan di Bandung” di Pendopo Kota Bandung, Rabu 26 Juni 2024.

Humas Kota Bandung Rabu, 26 Juni 2024 15:29
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img

Acara yang dihadiri 250 orang content creator ini bertujuan memperkokoh pemahaman dan penerapan nilai-nilai luhur Pancasila melalui pembelajaran aktif.

Beragam rangkaian acara dalam program “For Your Pancasila” disajikan seperti diantaranya Gelar Wicara yang menghadirkan tiga orang narasumber yaitu Deris Nagara (Motivator dan Pegiat Media Sosial), Kevin Lilliana (Puteri Indonesia 2017) dan Antonius Benny Susetyo (Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP).

Fasilitasi Pimpinan, Hubungan Masyarakat dan Administrasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, Mahran Marbawi menyebut, Pancasila merupakan hal penting yang harus ditanamkan dalam diri generasi muda dan perlu disosialisasikan melalui konten-konten kreatif di media sosial.

“Saat ini hampir seluruh kegiatan kita tak lepas dari gadget dan media sosial. Oleh karena itu dibutuhkan peran para content creator untuk mengedukasi sesama generasi muda tentang pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila. Diharapkan para content creator ini dapat menyisipkan nilai-nilai ideologi Pancasila dalam konten kreatif, inovatif dan mencerahkan,” ujarnya.

Selain “Gelar Wicara” ada juga bimbingan teknis terkait produksi konten kreatif aktualisasi nilai-nilai Pancasila, “Pancasila Dalam Tindakan”, pengarahan umum terkait lomba video pendek dan jambore pegiat media sosial nasional 2024, pengumuman pemenang konten terbaik, pengumuman peserta terpilih (70 orang) untuk mengikuti “Napak Tilas Jejak Sejarah Perjuangan di Kota Bandung”.

“Napak Tilas Jejak Sejarah Perjuangan di Kota Bandung” akan dilaksanakan pada Kamis, 27 Juni 2024 ke lokasi berikut:
1. Gedung Indonesia Menggugat
2. Institut Teknologi Bandung (ITB)
3. Gedung Merdeka
4. Museum Mandala Wangsit Siliwangi
5. Gedung Sate
6. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat
7. Monumen Pahlawan Pandemi

Motivator, Pegiat Media Sosial dan peraih Campbell Award 2024, Deris Nagara mengungkapkan, Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh merupakan salah satu bentuk nilai Pancasila yang sudah dipegang oleh orang Sunda.

“Salah satu value yang selalu saya tanamkan dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu silih asah, silih asih, silih asuh. Dimana pun bumi dipijak di situ langit dijunjung, salah satu Kata silih asih silih asah silih asuh merupakan semboyannya orang Sunda atau Jawa Barat. Semboyan ini menjadi penguat bagi orang Jawa Barat dalam persatuan,” ungkapnya.

Salah satu peserta “Penguatan Kreator Konten” Anindhita Aura Fitrie mengungkapkan acara ini menjadi ajang untuk dirinya menjalin relasi dan belajar tentang dunia content creator.

“Kesan acaranya seru banget, bisa ketemu banyak temen-temen content creator dari dunia peagent seperti Mojang Jajaka, Duta Bahasa dan Duta Pendidikan. Nambah relasi dan narasumbernya sangat keren. Harapannya bisa menambah ilmu tentang dunia content creator dan bisa jafi content creator yang mengamalkan nilai-nilai Pancasila, Salam Pancasila!,” ungkap mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran ini.(ras)**


Kepala Diskominfo Kota Bandung


Yayan A.Brilyana