Berita

Jadi Mitra Strategis Pemerintah, KIM Harus Kuasai Teknologi Informasi

Peran Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) sangat strategis sebagai mitra Pemerintah Kota Bandung. Di antaranya membantu memverifikasi dan memvalidasi informasi di masyarakat. KIM juga harus bisa memanfaatkan platform digital sebagai media baru untuk penyebarluasan informasi.

Humas Kota Bandung Jumat, 28 Juni 2024 08:22
img
img
img
img
img
img
img
img
img
img

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Yayan Ahmad Brilyana yang diwakili Kepala Bidang Diseminasi Informasi, Susi Darsiti saat melantik Pengurus Forum Komunikasi Komunitas Informasi Masyarakat (FK KIM) Kota Bandung periode 2024-2027 di Atlantic City Hotel, Kamis 27 Juni 2024.

"Selain media sosial, KIM juga dapat memanfaatkan situs kim.id dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, kim.bandung.go.id serta aplikasi citizen journalism dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung," kata Susi saat membacakan sambutan tertulis Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Yayan Ahmad Brilyana.

Ia menyebut KIM harus menjaga kredibilitas dan akurasi informasi yang beredar terutama dalam rangka menangkal hoaks, malinformasi dan misinformasi yang beredar di masyarakat.

"Tidak kalah penting adalah sebagai jembatan informasi antara pemerintah daerah ke masyakarat dan sebaliknya," ujarnya.

Ia mendorong agar KIM tetap menjadi salah satu kontributor yang aktif dalam penyebarluasan informasi yang akurat dan bermanfaat.

Dalam kesempatan tersebut juga, ia mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Ketua dan Pengurus FK KIM periode 2021 – 2024 atas partisipasi aktif selama masa bakti dalam membantu Diskominfo Kota Bandung khususnya dalam diseminasi informasi program Pemerintah Kota Bandung kepada masyarakat.

Ia pun mengucapkan selamat kepada ketua dan pengurus FK KIM terpilih periode 2024 – 2027. Ia berharap, FK KIM dapat melanjutkan dan meningkatkan program-program yang telah berjalan dari kepengurusan sebelumnya.

"Sekali lagi, saya ucapkan selamat untuk ketua dan pengurus FK KIM periode 2024 – 2027. Semoga kolaborasi antara KIM dan Diskominfo lebih erat dan lebih solid lagi," ungkapnya.

Sebelumnya , Wahyudin terpilih sebagai Ketua Forum Komunikasi (FK) Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) atau FK KIM Kota Bandung periode 2024 - 2027 pada pada gelaran pemilihan yang berlangsung di Gedung Serba Guna Balai Kota Bandung, Rabu 12 Juni 2024 lalu.

Usai pelantikan seluruh pengurus FK KIM masa bakti 2024 - 2027 mengikuti bimbingan teknis.

Adapun susunan Pengurus Forum Komunikasi (FK) Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Kota Bandung atau FK KIM Kota Bandung masa Bakti 2024 - 2027 yang dikukuhkan pada acara pelantikan tersebut yakni:

Dewan Pembina : Diskominfo Kota Bandung

Penasehat :

1. Yus Hartiman (Ketua KIM Nusantara)

2. Doddy Rachmadi (KIM Sukabungah)

3. Meidi M. Sidik (KIM Margahayu Utara)

Ketua: Wahyudin (KIM Jatihandap)

Wakil Ketua I: Deden Syarif Hidayat (KIM Ciateul)

Wakil Ketua II: Ratu Early Indriani (KIM Pelindung Hewan)

Sekretaris: Dedih Supriatna (KIM Sukamulya)

Sekretaris I: Sugiana (KIM Warung Muncang)

Sekretaris II: Bambang Setiawan (KIM Pasir Kaliki)

Bendahara: Ida Laela Romdhoningsih (KIM Karang Pamulang)

Bendahara I: Yayat S Hidayat (KIM Sukagalih)

Bendahara II: Iwan Mulyadi (KIM Cisaranten Wetan). (rob)**


Kepala Diskominfo Kota Bandung

 

Yayan A. Brilyana