Berita

Kreatif! Di Kota Bandung Sampah Plastik Bisa Jadi 4 Produk Ini

Sampah plastik masih menjadi salah satu isu yang hangat dan selalu dicari inovasi pengolahannya. Karena kekuatannya bertahan hingga puluhan hingga ratusan tahun, berbagai pihak pun memeras otak, selain mengurangi penggunaannya, juga mengolah plastik yang sudah kadung digunakan.

Humas Kota Bandung Minggu, 30 Juni 2024 14:58

Di Kota Bandung pun sama. Berbagai inovasi dilakukan oleh seluruh pihak, mulai dari Pemerintah Kota Bandung hingga masyarakat.

Hasilnya, sejumlah produk baru yang mungkin tak terpikirkan sebelumnya, lahir dari sampah-sampah plastik yang sebelumnya tak terpakai.

Penasaran apa saja hasilnya? Simak ulasannya, yuk!
 
Paving Block
Warga di RW 12 dan 14 Riung Bandung, Kelurahan Cisaranten punya inovasi mengolah sampah plastik menjadi paving block. Inovasi ini pertama kali dipublikasikan pada 2019.

Bahkan, pada masa tersebut, paving block karya masyarakat RW 12 dan 14 Riung Bandung mendapat apresiasi dari Wali Kota Bandung 2018-2021, Alm. Oded M. Danial.

Wayang
Pernah dengar komunitas Wayang Plastik? Coba deh, intip kreasi dan kegiatan mereka di Instagram @wayangplastik.

Berlokasi di Jalan Dago Pojok No 112, Dago, komunitas ini menggagas kegiatan seni dengan menjadikan sampah plastik sebagai materialnya. Jadi, sampah-sampah plastik ini dikumpulkan, lalu ditata sedemikian rupa menjadi wayang.

Tak hanya jadi pajangan, bahkan mereka kerap menggelar pentas dengan wayang yang berasal dari sampah plastik tadi. Keren bukan?

Produk Kriya Tatakan Meja
Terbersitkah dalam pikiran anda jika sampah plastik bisa menjadi alas atau tatakan meja? Ya, Newhun Recycle, salah satu komunitas sekaligus kreator pegiat lingkungan melakukan terobosan ini.

Beroperasi sejak 2020, Newhun punya sejumlah produk olahan sampah  Salah satunya, ya, produk kriya tatakan meja ini.

Meski berbahan dasar sampah, bukan berarti hasil produknya terlihat menjijikkan, ya. Coba saja kamu cek hasil kreasi mereka di Instagram @newhun.recycle.

Jam Meja
Masih dari pelaku industri yang sama, Newhun Recycle, sampah plastik berhasil diolah jadi Jam Meja yang kece dan estetik.

Sama seperti pengolahan menjadi produk kriya tatakan meja, material plastik mendominasi jam meja kece dari Newhun Recycle. Varian dan harganya pun dijual berbeda-beda dan bisa anda lihat di Instagram.(ray)**


Kepala Diskominfo Kota Bandung

 

Yayan A. Brilyana