Berita

Meresapi Pesona Kota Bandung lewat Tiga Taman Penuh Cerita Ini

Kota Bandung dikenal sebagai wilayah yang menawarkan berbagai destinasi menarik yang memanjakan mata dan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi pengunjungnya.

Humas Kota Bandung Minggu, 30 Juni 2024 15:03
img
img
img
img

Di antara sekian banyak destinasi, terdapat tiga taman keren yang bisa dikunjungi. Simak ulasannya, yuk!

1.  Taman Lansia, Legenda Sejak 1885

Taman Lansia di Kota Bandung telah berdiri sejak tahun 1885. Dahulu, taman ini dikenal sebagai Taman Cisangkuy karena lokasinya di Jalan Cisangkuy dan Jalan Cilaki.

Nama "Taman Lansia" diambil karena banyaknya lansia atau orang lanjut usia yang sering berkunjung ke sini. Namun, taman ini juga ramai dikunjungi oleh berbagai kalangan, termasuk remaja dan anak-anak.

Diresmikan kembali pada 31 Desember 2014, Taman Lansia memiliki udara segar, pepohonan tua yang rindang, dan tempat duduk yang nyaman. Taman ini juga dilengkapi dengan dua danau buatan yang indah, berfungsi sebagai pengendali banjir di Cileuncang serta penampung air hujan.

2. Taman Tongkeng, Spot Adem untuk Wisata Masa Kecil

Mengunjungi Taman Tongkeng di Kota Bandung seperti kembali ke masa kecil yang penuh keceriaan dan tawa. Taman ini menawarkan fasilitas bermain yang sangat lengkap, mulai dari spektrum warna, perosotan, instalasi ban, pipa nagaswara, ayunan, terowongan liliput, dan banyak lagi.

Selain itu, Taman Tongkeng juga menyediakan permainan tradisional seperti congklak, egrang, sondah, ular tangga, dan bakiak. Pengunjung juga dapat menikmati perpustakaan mini dan penanda jenis tanaman yang disertai deskripsi.
 
Fasilitas yang lengkap ini tidak hanya memberikan kesenangan tetapi juga menularkan kebahagiaan kepada pengunjungnya.

3. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution, Tempatnya Belajar Sejarah

Taman Lalu Lintas awalnya merupakan lahan terbuka bernama Insulindepark, yang digunakan sebagai tempat baris-berbaris prajurit KNIL Belanda.

Setelah KNIL pindah ke lokasi baru yang kini menjadi Stadion Siliwangi, lahan kosong tersebut diubah menjadi Taman Nusantara, dinamai demikian karena berada di antara jalan-jalan dengan nama daerah-daerah di Indonesia.

Pada era 1950-an, Nazaruddin, Kepala Polisi Lalu Lintas dan Ketua Badan Keamanan Lalu Lintas (BKLL) cabang Bandung, terinspirasi untuk membuat Taman Lalu Lintas.

Taman yang terletak di Jalan Belitung No 1, Kota Bandung ini diresmikan pada tahun 1958. Namun, setelah peristiwa berdarah 30 September 1965 yang menewaskan anak Jenderal AH Nasution, nama taman ini berubah menjadi Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution.**


Kepala Diskominfo Kota Bandung

 

Yayan A. Brilyana