Berita

Sukseskan Asia Afrika Festival, Pemkot Bandung Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kembali akan menggelar Asia Africa Festival (AAF) atau Festival Asia Afrika pada Sabtu dan Minggu, 6-7 Juli 2024.

Humas Kota Bandung Rabu, 03 Juli 2024 14:44
img
img
img
img
img
img
img
img

Untuk menyukseskan acara tersebut, Pemkot Bandung merekayasa lalu lintas berupa penutupan jalan dan pengalihan arus kendaraan.

Ruas jalan yang akan ditutup bukan hanya jalur yang bakal menjadi rute parade atau karnaval budaya para peserta Festival Asia Afrika 2024. Penutupan jalan juga akan diterapkan pada Jalan Braga pendek.

Sedangkan rute jalur karnaval budaya peserta Asia Africa Festival 2024 adalah start dari depan Hotel Savoy Homann hingga finish di ujung Jalan Cikapundung Barat.

Untuk mendukung kelancaran parade budaya tersebut direncanakan ruas jalan tersebut akan ditutup sementara, serta di ruas Jalan Braga pendek.

"Akan ada penutupan jalan di Braga Pendek untuk Asia Afrika Corner," ujar Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono.

Di dalam pelaksanaan nya akan dilakukan penutupan jalan di simpang empat jalan Asia Afrika - Tamblong, Dishub pun akan melakukan manajemen rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi gangguan – gangguan arus lalu lintas agar dapat meminimalisir supaya tidak terjadi kemacetan yang parah di jalan – jalan yang terhubung.

Rekayasa Lalulintas tersebut antara lain, Jalan Asia Afrika dari simpang lima sampai simpang empat Jalan Asia Afrika dan Jalan Tamblong, Naripan dan Lengkong.

Selanjutnya, penutupan jalan juga dilakukan di Jalan Braga, serta Jalan Lengkong Kecil, arus lalu lintas di searahkan ke arah timur ke Jalan Karapitan.

Dishub juga akan mengalihkan arus lalu lintas ke Jalan Nanceuy yang dari Jalan ABC – Jalan Alkateri yang akan mengarah ke Jalan ABC dan Jalan Naripan, apabila terjadi kemacetan di jalan tersebut.

Selain itu, ada pula pengaturan fase waktu di traffic light simpang Lembong – Asia Afrika dan simpang Lembong – Lengkong Kecil serta pengaturan oleh petugas di jalan – jalan yang beririsan dengan Jalan Lembong, Naripan dan Lengkong Kecil.

Untuk mengantisipasi kemacetan Dinas Perhubungan Kota Bandung bersama Kepolisian akan menyiagakan 38 personel di 14 titik sekitar Jalan Asia Afrika.

Adapun acara ini nantinya bertajuk Asia Africa Corner 2024, kegiatan ini bakal dibuka pada Sabtu 6 Juli 2024.

Sejumlah acara juga bakal digelar mulai dari Cultural Dance or Similar dan Perform Asia Africa Corner Main Artist.

Selanjutnya pada Minggu 7 Juli 2024, bakal ada lebih banyak lagi keseruan. Mulai dari penampilan komunitas lokal, penampilan kesenian, serta rangkaian lainnya menuju penutupan Asia Africa Festival.

Selain itu, bakal hadir juga pameran dengan menampilkan 40 tenan dengan kategori UKM dari 17 sub-sektor pelaku ekonomi kreatif yang dikurasi oleh tim Disbudpar Kota Bandung dan Tokopedia.

Lalu, akan ada 20 tenan kategori fesyen, 10 beauty dan FNB. Seluruh gelaran Asia Africa Festival 2024 bakal digelar di Jalan Braga Pendek, Kota Bandung. (rob)**


Kepala Diskominfo Kota Bandung

 

Yayan A. Brilyana