Berita

Pj Wali Kota: Pemkot Bandung Terus Berupaya Sejahterakan Warga

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya menyejahteraan warga dengan meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi hingga mengurangi angka pengangguran.

Humas Kota Bandung Rabu, 03 Juli 2024 20:51
img
img
img
img
img
img
img
img

Untuk itu, Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan BUMD untuk memaksimalkan pelayanan sesuai target yang direncanakan.

Bambang mengungkapkan, laju pertumbuhan ekonomi Kota Bandung sebesar 5,07 persen. Sedangkan angka Pengangguran Terbuka sebesar 8,83 persen.

Hal itu, lanjut Bambang, membuat Pemkot Bandung terus berupaya menekan angka pengangguran. Salah satu caranya dengan menggelar bursa kerja.

"Adapun pertumbuhan ekonomi di Kota Bandung dengan reaktivasi potensi wisata. Di antaranya Braga Beken, Teras Cikapundung, Babakan siliwangi, kuliner Lengkong Kecil  hingga Kawasan Alun - Alun," kata Bambang.

Ia menjelaskan, adapun 3 strategi penanganan kemiskinan yaitu mengurangi beban pengeluaran, meningkatkan pendapatan masyarakat dan mengurangi kantong kemiskinan.

"Soal mengurangi beban pengeluaran dengan bantuan sosial reguler, bantuan sosial khusus, bantuan iuran jaminan kesehatan serta bantuan dan rehabilitasi sosial bagi berkebutuhan khusus," ujarnya.

Sementara untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dengan upaya peningkatan akses pekerjaan, peningkatan kapasitas SDM dan peningkatan akses terhadap aset produktif dan pinjaman sosial hingga pengembangan dan penjaminan keberlanjutan usaha.

"Untuk meminimalkan kantong kemiskinan dengan upaya peningkatan akses dan layanan infrastruktur dan peningkatan konektivitas antar wilayah," ujarnya.

Soal data, lanjut Bambang mendorong seluruh OPD hingga kewilayahan untuk rembug dalam satu data yang terpusat di Diskominfo.

"Integrasi data oleh Diskominfo sebagai wali data. Yaitu satu data terpusat. Artinya data masing - masing OPD agar dapat digunakan dan menghasilkan output satu data," tutur Bambang. (yan)**


Kepala Diskominfo Kota Bandung

 

Yayan A. Brilyana