Berita

Bandros, Inovasi Sarana Wisata dan Edukasi Sejarah Kota Bandung

Kota Bandung dikenal kaya sejarah, terutama dari masa penjajahan Hindia Belanda. Kini menawarkan cara baru bagi wisatawan untuk menikmati keindahan dan keunikan kota ini melalui bus wisata Bandros (Bandung Tour on Bus).

Humas Kota Bandung Minggu, 07 Juli 2024 14:02

Dengan rute khusus yang melintasi tempat-tempat bersejarah, ikon budaya, dan kuliner populer, Bandros menjadikan perjalanan wisata semakin menarik dan edukatif.

Bandung menjadi salah satu kota penting selama masa penjajahan Hindia Belanda. Kota ini menjadi pusat pemerintahan, perekonomian, bisnis, pendidikan, kebudayaan, dan kemiliteran.

Hingga kini, peninggalan-peninggalan dari masa itu masih berdiri kokoh, menjadi saksi bisu dari sejarah panjang Bandung. Bangunan-bangunan ikonik seperti Gedung Sate, Gedung Merdeka, dan Villa Isola menjadi tujuan utama bagi mereka yang ingin menggali lebih dalam sejarah kota ini.

Kehadiran bus wisata Bandros (Bandung Tour on Bus) memberikan angin segar bagi pariwisata Kota Bandung. Dengan visi dan misi untuk mengakomodasi wisata serta edukasi, Bandros membawa penumpang melalui rute-rute khusus yang dipenuhi tempat-tempat wisata yang menarik, restoran populer, dan bangunan bersejarah. Desain bus yang mengusung gaya Art Deco memberikan sentuhan klasik yang elegan, menciptakan suasana vintage yang menyenangkan.

Salah satu keunikan Bandros adalah keberadaan pemandu wisata yang siap menceritakan kisah-kisah menarik di balik setiap bangunan atau tempat yang dilalui. Hal ini menciptakan suasana interaktif antara pemandu dan penumpang, sehingga pengalaman wisata menjadi lebih hidup dan mendalam.

Selain itu, kadang-kadang penumpang Bandros mendapatkan kejutan berupa penampakan "hantu" yang berkeliaran di sepanjang jalan Asia Afrika, menambah keseruan dan keunikan perjalanan.

Dengan segala daya tarik yang ditawarkan, Bandros tidak hanya menarik bagi wisatawan lokal tetapi juga menjadi magnet bagi wisatawan asing. Edukasi tentang sejarah dan budaya Bandung yang disampaikan dengan cara yang menarik dan menyenangkan dapat menjadi alat penting dalam mempromosikan kekayaan budaya dan sejarah Bandung kepada dunia.

Bagi generasi muda Bandung, kehadiran Bandros dapat menjadi sarana edukasi yang menyenangkan. Mereka dapat belajar tentang sejarah dan budaya kota mereka sambil menikmati perjalanan wisata yang seru. Ini adalah langkah penting dalam melestarikan sejarah dan budaya Bandung, serta membangkitkan rasa bangga akan warisan yang dimiliki.

Bus wisata Bandros adalah inovasi yang tidak hanya mempromosikan pariwisata tetapi juga menyebarluaskan edukasi sejarah dan budaya Bandung. Dengan rute khusus yang menawarkan pemandangan indah dan cerita menarik, Bandros menjadi pilihan sempurna bagi siapa pun yang ingin mengeksplorasi dan belajar lebih banyak tentang Kota Bandung. (ziz)**


Kepala Diskominfo Kota Bandung

 

Yayan A. Brilyana