Arsitektur

SAVOY HOMANN HOTEL BANDUNG

SAVOY HOMANN HOTEL BANDUNG

Admin Senin, 18 Oktober 2021
SAVOY HOMANN HOTEL BANDUNG
SAVOY HOMANN HOTEL BANDUNG

Bangunan Cagar Budaya Hotel Savoy Homann dibangun pada tahun 1880. Hotel ini dibangun dan dimiliki oleh seorang warga negara Jerman yang bernama A. Homann. Sebelum bernama Savoy Homann hotel ini mempunyai nama Hotel Pos Road. Gaya bangunan Hotel Pos Road kala itu bergaya baroq. Pada tahun 1883 gaya bangunan diubah menjadi gaya arsitektur art nouveau.

Pada tahun 1910, hotel yang lama dibongkar lalu dibangun hotel baru dengan gaya arsitektur gothic revival. Pada tahun 1938 bangunan hotel tersebut kembali dibongkar dan diganti dengan hotel baru yang bergaya international style modern (nieuw bouwen).


Pembangunan ulang ini dilakukan oleh arsitek A.F. Aalbers. Aalbers membuat gedung baru yang lebih modern sesuai dengan keinginan dari Dewan Kota Bandung saat itu. Bangunan baru Hotel Savoy Homann ini merupakan puncak karya arsitek modern A.F. Aalbers menjadi sebuah ikon pergerakan arsitektur di Hindia Belanda sebelum Perang Dunia II


Hotel Savoy Homann juga pernah difungsikan sebagai wisma wisma Jepang (1942-1945) dan wisma PMI (1945-1948). Pada tahun 1949 fungsinya dikembalikan sebagai hotel seperti fungsinya semula.


Pada saat dilaksanakannya Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955, Hotel Savoy Homann digunakan sebagai tempat menginap para kepala negara seperti Gamal Abdul Nasser, Chuo En Lai, Jawaharlal Nehru, Soekarno, Sir John Kotelawala dan lain-lain. Saat itu, Hotel Savoy Homann dikelola oleh Fr. J. van Es yang pernah mengelola Hotel Des Indes di Jakarta.

Fitur Terkait

img
Arsitektur Senin, 14 Februari 2022

Fly Over Antapani

img
Arsitektur Senin, 14 Februari 2022

Balai kota

img
Arsitektur Rabu, 09 Februari 2022

Jembatan Pasupati

img
Arsitektur Senin, 18 Oktober 2021

GEDUNG DE VRIES BANDUNG