Perda

Dr. H. Edi Siswadi, M.Si. dilantik Menjadi Sekretaris Daerah Kota Bandung

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung Dr. H. Edi Siswadi, M.Si. kamis (13/7) dilantik menjadi Sekretaris Daerah Kota Bandung, di Pendopo, Jl. Dalem Kaum

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:31
Dr. H. Edi Siswadi, M.Si. dilantik Menjadi Sekretaris Daerah Kota Bandung
Dr. H. Edi Siswadi, M.Si. dilantik Menjadi Sekretaris Daerah Kota Bandung

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung Dr. H. Edi Siswadi, M.Si. kamis (13/7) dilantik menjadi Sekretaris Daerah Kota Bandung, di Pendopo, Jl. Dalem Kaum, Kota Bandung. Pelantikan Edi Sis —panggilan Edi Siswadi— oleh Wali Kota Bandung Dada Rosada tersebut, berdasarkan SK Gubernur Jawa Barat No. 821.27/Kep. 734-B/Peg/2006 tertanggal 7 Juli 2006. Edi Sis menggantikan sekda sebelumnya, Maman Suparman yang pensiun sejak 1 Juni lalu. Walikota Bandung, menegaskan, pejabat sekda harus bisa mengoordinasi aparat pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. ”Mudah-mudahan di usianya yang masih muda, sekda Kota Bandung yang baru bisa bekerja lebih energik,” ujarnya.

Edi terpilih berdasarkan hasil penilaian dari Gubernur Jawa Barat serta Mendagri. ”Walaupun itu hak prerogratif Walikota, namun saya perlu mendapat masukan dari Gubernur dan Mendagri,” katanya. Penilaian didasarkan atas tiga faktor, yaitu administratif, wawasan kebangsaan, dan faktor lainnya yang menunjang kedisiplinan.

Dilantiknya Edi Sis sebagai sekda, praktis ”melangkahi” sejumlah pejabat senior di lingkungan Pemkot Bandung. Terkait hal itu, Dada menyatakan, seorang presiden pun saat terpilih usianya lebih muda dari calon lainnya. ”Tidak ada senioritas. Semua pegawai harus loyal kepada sekda dan secara administrasi harus tunduk dalam menjalankan kedinasan,” katanya.

Merangkap Jabatan

Kendati sudah resmi sebagai Sekda Kota Bandung, namun dalam dua minggu ini Edi tetap merangkap sebagai Kepala Disdik Kota Bandung. ”Untuk penggantinya, nanti saya tetapkan. Beberapa kali Disdik dipimpin oleh orang luar dunia pendidikan, sekarang akan saya coba memilih pejabat karier dari dinas tersebut,” ujar Walikota. Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bandung Husni Muttaqien, menegaskan, pejabat sekda harus mengedepankan optimalisasi peran pemerintah terhadap pelayanan publik. ”Idealnya, Pak Edi tidak memegang rangkap jabatan supaya fungsi dan peranannya optimal serta fokus,” tuturnya.