Penyerahan Bantuan Bencana Alam Gempa Bumi di Kabupaten Cianjur

Sebagai bentuk kepedulian terhadap korban bencana alam gempa bumi di Jawa Barat, Pemerintah Kota (pemkot) Bandung menyerahkan bantuan kepada Masyarakat Kabupat

Hari Sabtu, 13 Agustus 2016 09:36
Penyerahan Bantuan Bencana Alam Gempa Bumi di Kabupaten Cianjur
Penyerahan Bantuan Bencana Alam Gempa Bumi di Kabupaten Cianjur

Walikota Bandung secara simbolis menyerahkan bantuan kepada Bupati Cianjur

Sebagai bentuk kepedulian terhadap korban bencana alam gempa bumi di Jawa Barat, Pemerintah Kota (pemkot) Bandung menyerahkan bantuan kepada Masyarakat Kabupaten Cianjur, Selasa (20/10) di pendopo Kabpaten Cianjur.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Bandung, H. Dada Rosada SH. M.Si. kepada Bupati Cianjur, Drs H. TJetjep Muchtar Soleh MM. disaksikan Wakil Walikota Bandung, Ayi Vivananda SH., Sekretaris Daerah Kota Bandung, Dr. Edi Siswadi M.Si. dan sejmlah pejabat publik Kota Bandung dan Kabupaten Cianjur.

Bantuan terdiri dari uang tunai senilai Rp. 100 juta, dan 5 truk (4 truk dari Pemkot Bandung dan 1 truk dari Kodim 0618/BS) yang terdiri dari beras, sarden, mie instan, pakaian, makanan ringan, minyak goreng, peralatan bayi, perlengkapan dewasa dan perlengkapan mandi.

Bupati Cianjur, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas bantuan dari warga dan Pemerintah Kota Bandung. "Semoga amal baik warga Kota Bandung diberi balasan yang setimpal dari yang Maha Kuasa, dan mudah-mudahan Kota Bandung tidak tertimpa bencana", ujarnya.

Bupati Cianjur juga mengatakan rasa herannya meskipun pusat gempa ada di Tasikmalaya tetapi jumlah korban jiwa yang terbanyak ada di Cianjur sekitar 53 orang. "Saat ini yang kita lakukan adalah merelokasi dan memperbaiki yang rusak", ujarnya.

Sementara itu Dada Rosada, mengatakan bantuan yang diberikan oleh Pemkot Bandung kepada Kab. Cianjur, janganlah dilihat dari jumlahnya, tetapi rasa kepedulian terhadap sesama yang mengalami musibah. "Bantuan yang kita bawa janganlah dilihat jumlahnya tapi bentuk kepeduliannya", ungkapnya.

Lebih lanjut Dada juga mengatakan bahwa rasa trauma dan stress setelah bencana, karena kehilangan harta benda bahkan nyawa anggota keluarganya, merupakan masalah yang dihadapi oleh korban bencana. "Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi beban itu adalah dengan menunjukkan kepedulian kita kepada mereka", ujar Dada.

Menurut Dada, rasa kepedulian ini bisa dilakukan apabila ada rasa persahabatan diantara sesama, oleh karenanya persahabatan itu penting untuk terus dibina.

"Sekali lagi saya ucapkan, mudah-mudahan bantuan ini bisa membantu dan mengurangi beban masyarakat Cianjur yang terkena bencana", ujar Dada. (bandung.go.id)