PWI Kota Bandung Harus Semakin Profesional

Ketajaman Pers sebagai sarana informasi, pendidikan dan kontrol sosial, memiliki peran penting dan peluang besar meningkatkan kecerdasan masyarakat. Karena Pers

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:36
PWI Kota Bandung Harus Semakin Profesional
PWI Kota Bandung Harus Semakin Profesional

Ketajaman Pers sebagai sarana informasi, pendidikan dan kontrol sosial, memiliki peran penting dan peluang besar meningkatkan kecerdasan masyarakat. Karena Pers mampu membentuk opini kuat publik yang jika dijalankan secara optimal menjadi asset bangsa yang dapat diandalkan.

Sebagai organisasi profesi, profesionalisme PWI harus lebih dikedepankan, yakni mengutamakan pemberitaan secara utuh dan seimbang sehingga memberi kepastian dan rasa keadilan bagi semua pihak.

"Tidak saja professional dalam menjalankan tugas tapi produknya juga harus profesional. Tunjukan yang benar itu benar dan yang salah itu salah", harap Wali Kota Bandung, H. Dada Rosada dalam acara pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kota Bandung masa bakti 2009-2012 di pendopo rumah dinas Wali Kota Bandung Jalan Dalem Kaum, Rabu (21/10/09).

Pelantikan dilakukan Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Jawa Barat, H. Mirza Zulhadi, disaksikan Wakil Wali Kota Bandung, Ayi Vivananda, Dandim 0618/BS Bandung yang baru, Letkol Asep Syarifudin, sejumlah pimpinan media cetak dan elektronik. Ditandai penyerahan pataka PWI dan bibit pohon lengkeng sebagai symbol kepedulian PWI dalam mendukung program lingkungan hidup dengan tema "Satangkal Saurang".

Dada menyatakan, Pers merupakan mitra pemerintah yang bersifat strategis. Karena dalam kapasitas pelaksana kontrol sosial bisa meluruskan sesuatu yang bengkok atau memantapkan program yang sedang dijalankan. "Keberhasilan 7 program prioritas pembangunan dan 5 gerakan lingkungan hidup Kota Bandung, juga tidak terlepas dari peran Pers terutama dalam mendorong peningkatan partisipasi aktif masyarakat", ujarnya.

"Penggiat Pers juga jangan dijauhi namun harus menjadi partner dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat", imbuhnya.

Selain akan memperkokoh struktur kepengurusan PWI Kota Bandung, Dada juga berharap, momentum ini akan membawa angin segar bagi kemajuan tugas-tugas jurnalistik, berjalan paralel dengan pencapaian visi Kota Bandung Kota Jasa yang Bermartabat. Ketua PWI Perwakilan Kota Bandung yang baru dilantik, H. Noe Firman mengatakan, dalam sejarah perkembangan modern Pers sering disebut-sebut sebagai pilar keempat dari demokrasi selain eksekutif, legislative dan yudikatif. "Kami sadar bahwa kami memilikim potensi, kemampuan, fungsi sekaligus tanggung jawab untuk mewujudkan tatanan yang lebih baik disegala bidang".

Dalam perspektif professional lanjutnya, Pers harus hadir dalam bentuk pelaksanaan fungsinya sebagai penyuara aspirasi, pembentuk otonomi publik dan penyebar informasi. Namun untuk melaksanakannya secara maksimal, menurutnya pers harus terus meningkatkan kemampuannya. Pers dasarnya profesionalitas, karenanya tidak bias berjalan tanpa interaksi secara baik dengan berbagai pihak. "Ini yang harus kita tingkatkan, kita bisa mengenyampingkan pandangan sementara orang yang mencap kita sebagai kelompok yang banyak tahu tapi tidak tahu banyak. Sedikit demi sedikit ini kita eliminir, Pers harus hadir dengan fungsinya yang berguna bagi publik", PWI perwakilan Kota bandung yang beranggotakan 62 orang, akan terus berupaya melakukan perbaikan-perbaikan melalui program-program pelatihan. Tujannya tidak lain untuk meningkatkan profesionalisme. Kami juga akan melakukan berbagai kegiatan yang berorientasi kemasyarakatan, bekerjasama dengan berbagai pihak yang dilandasi mutualistik simbiosis, semangat kebersamaan yang saling menguntungkan. Tujuannya adalah dalam rangka membantu program-program pembangunan Kota Bandung.

Susunan kepengurusan kelompok kerja (pokja) PWI Kota Bandung 2009-1012, yaitu :
Ketua : H. Noe Firman (HU. Pikiran Rakyat) Wakil Ketua Bidang Organisasi : Edi Kusman (HU. Pelita) Wakil Ketua Bidang Kesra : Ahmad Sukri (Harian Terbit) Wakil Ketua Bidang Pendidikan : Yayat TS (SKM Formas) Sekretaris : Ferry Ardiansyah (SKM M2Media) Wakil Sekretaris : Sunardi (Majalah Mangle) Bendahara : Didi Rijadi (Majalah Medium) Wakil Bendahara : Dudi Supriyadi (Radio El Shinta) Seksi Pendidikan : Asep Budianto (SKM Progresif)) Seksi Kesejahteraan : Asep Budi Heryanto (86 News.net) Seksi Humas dan Kemitraan : Endri (HU. Galamedia Seksi Seni & Budaya : Syamsudin (SKM Dialog Seksi Hukum dan Pembelaan Wartawan : Bambang Ganefa (HU. Pos Metro) Seksi Koperasi : Maman Suherman (SKM Giwangkara) (www.bandung.go.id)