Penanaman di Taman Kolam

  Lahan seluas ± 4.800 m², di Jalan Kolam, Kelurahan Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Sabtu (28/11) ditanami sekitar 300 pohon baru yang terdiri dari berbaga

Hari Saturday, 13 August 2016 09:36
Penanaman di Taman Kolam
Penanaman di Taman Kolam

Walikota Bandung didampingi Wakil Walikota Bandung saat Penanaman Pohon

 

Lahan seluas ± 4.800 m², di Jalan Kolam, Kelurahan Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Sabtu (28/11) ditanami sekitar 300 pohon baru yang terdiri dari berbagai jenis pohon produktif dan pelindung, seperti pohon Durian, Sawo Kecik, Tanjung, Mahoni dan Filicium. Secara simbolis Walikota Bandung, H. Dada Rosada menanam pohon Bisbul, selanjutnya diikuti oleh Wakil Walikota Bandung, Ayi Vivandanda, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bandung, Ny. Nani Dada Rosada, dan Unsur Muspida beserta istri.

Penanaman pohon tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional sekaligus Gerakan Perempuan Tanam, Tebar dan Pelihara Pohon Tahun 2009, serta Hari Ulang Tahun Korpri Tingkat Kota Bandung.

Menurut Kepala Dinas Pertamanan Ir. Yogi Supardjo, peringatan hari menanam pohon Indonesia dan bulan menanam Nasional dimaksudkan untuk memasyarakatkan gerakan menanam dan memelihara pohon secara Nasional sebagai sikap hidup dan budaya bangsa. Sedangkan gerakan perempuan tanam, tebar dan pelihara pohon merupakan bentuk kepedulian dan dukungan kaum perempuan terhadap kelestarian lingkungan.

"Pada peringatan kali ini, Kota Bandung mendapat bantuan dari pemerintah pusat sebanyak 27.500 pohon yang terdiri dari Mahoni, Albasia, Suren, dan Gamelina serta 25 unit sumur resapan, yang nantinya akan disebar di seluruh wilayah Kota Bandung", ujar Yogi.

Yogi juga menambahkan, bahwa rencananya pada bulan Desember ini akan di tanam pula sekitar 44.100 pohon yang dananya bersumber dari APBD Kota Bandung. Selain itu pihak Jasa Marga Cabang Purbaleunyi juga telah menanam sekitar 30.195 pohon, komunitas sepeda bandung bermartabat juga menyumbang 5.000 pohon.

"Sehingga apabila rencana penanaman pohon ini dapat terealisasi maka pada akhir bulan 2009, Pemkot Bandung beserta masyarakat telah menanam tidak kurang dari 158.704 pohon, apabila di jumlahkan sampai tahun 2009 telah menanam sebanyak 1.357.798 pohon", ucapnya.

Yogi pun berharap tanaman yang telah ditanam tersebut dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, karena berdasarkan pengalamannya, bahwa tingkat kematian pohon jauh lebih rendah apabila penanaman, pemeliharaan dan pengawasan dilakukan secara bersama-sama antara pemerintah dan masyarakat.

Sementara Itu Walikota Bandung, menyambut baik kegiatan penanaman pohon tersebut dan menjadikan lahan yang tadinya bekas kolam untuk dijadikan taman. "Saya sangat gembira dengan adanya kegiatan seperti ini, mudah-mudahan target 2 juta pohon di akhir masa jabatan saya dapat tercapai", ujarnya.

Dada pun, mengharapkan kegiatan penanaman pohon itu menjadi suatu kebutuhan, sehingga bisa mewariskan lingkungan yang baik bagi anak cucu kita kelak. "Mudah-mudahan tanaman yang kita tanam kali ini dapat berguna nantinya bagi anak cucu kita kelak", ungkapnya.

Dada juga mengungkapkan, lahan yang baru saja ditanami tersebut dapat menjadi taman yang dapat dipergunakan untuk masyarakat luas, seperti taman Tegallega, dan berharap taman-taman sejenis dapat bertambah lagi.

Terkait dengan banyaknya perusakan tanaman di taman-taman, Dada pun berencana untuk membentuk satgas pohon, yang nantinya bertugas untuk mengawasi pohon-pohon agar tidak dirusak oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, Dada pun berencana untuk memagari taman-taman yang ada agar tidak dipergunakan hal-hal yang tidak baik. "meskipun nantinya taman-taman tersebut di beri pagar, masyarakat yang mau masuk tidak dikenakan biaya bahkan kalau bisa ikut menjaganya tanaman yang ada", ungkapnya.(www.bandung.go.id)

 

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bandung, saat Melakukan Penanaman Pohon