Penanggulangan Kejahatan Bermotor, Upaya Mengarahkan Pada Tindak Positif

  Maraknya kejahatan yang dilakukan oknum-oknum mengatasnamakan kelompok bermotor semakin meresahkan warga Kota Bandung, Walikota Bandung Dada Rosada menghimba

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:37
Penanggulangan Kejahatan Bermotor, Upaya Mengarahkan Pada Tindak Positif
Penanggulangan Kejahatan Bermotor, Upaya Mengarahkan Pada Tindak Positif

 

Maraknya kejahatan yang dilakukan oknum-oknum mengatasnamakan kelompok bermotor semakin meresahkan warga Kota Bandung, Walikota Bandung Dada Rosada menghimbau masyarakat agar tidak takut dan cepat melaporkan segala bentuk kejahatan yang tejadi disekitarnya "upaya pemerintah memajukan pelayanan salah satunya memberikan rasa aman terhadap warga, dibutuhkan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat, tidak ada pemerintah yang dapat bekerja tanpa bantuan masyarakat" hal ini dikatakan dalam musyarawarah pimpinan daerah (muspida), di pendopo jalan dalem kaum bandung, sabtu (24/07).

Dalam rapat tersebut membahas langkah-langkah yang akan dilakukan bersama Kepolisisan, Danlanud, Danlanal, Kejaksaan Negeri serta Pengadilan Negeri terhadap kejahatan bermotor dan SMS penculikan remaja yang meresahkan warga.

Dikatakan Wakapolrestabes Bandung, "Kondisi Kota Bandung cukup aman dan kondusif berdasarkan hasil evaluasi tetapi harus diwaspadai menjelang puasa dan lebaran",  kepolisian telah mengambil langkah-langkah yang akan dilakukan tidak bersifat represif tetapi langkah persuasif karena pada dasarnya pembentukan geng motor merupakan solidaritas kelompok remaja yang ingin eksis, tetapi selanjutnya ditunggangi oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab" paparnya.

Ditambahkan kasat intelkam polrestabes "kami telah mengundang kelompok bermotor ini dan dengan kemauan sendiri meyatakan sikap tidak saling menyerang, selajutnya mengevaluasi titik-titik rawan dengan memasang CCTV dan GPS di unit patroli, melakukan himbauan mentaati peraturan, tidak mudah terprovokasi, serta mengarahkan pada kegiatan positif, dan apabila terlibat kejahatan akan sulit untuk mendapatkan SKCK (surat keterangan catatan kepolisian) untuk melajutkan keperguruan tinggi" katanya.

Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Husein Sastranegara Bandung, Kolonel Pnb. Asep Adang Supriyadi merespon akan memberikan fasilitas kepada kelompok bermotor agar mengarah pada kegiatan positif  "kami mempunyai arena yang cukup luas untuk sirkuit agar mereka dapat berkompetisi secara positif dan tidak akan mengganggu penerbangan" menyatakan kesiapannya. (www.bandung.go.id)