PENGEMBANGAN GREEN TECHNOLOGY SOLUSI TEPAT MELESTARIKAN LINGKUNGAN

Perkembangan peradaban manusia tidak terlepas dari lingkungan dan teknologi, keduanya sangat berkaitan erat dalam menentukan kelangsungan kehidupan umat man

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:37
PENGEMBANGAN GREEN TECHNOLOGY SOLUSI TEPAT MELESTARIKAN LINGKUNGAN
PENGEMBANGAN GREEN TECHNOLOGY SOLUSI TEPAT MELESTARIKAN LINGKUNGAN

Perkembangan peradaban manusia tidak terlepas dari lingkungan dan teknologi, keduanya sangat berkaitan erat dalam menentukan kelangsungan kehidupan umat manusia, pada era globalisasi manusia sangat tergantung dengan teknologi padahal di lain pihak perkembangan tenologi membawa dampak negatif terhadap lingkungan.

 

Masalah lingkungan akibat proses teknologi sudah menjadi masalah yang mendunia, Semua orang di seluruh penjuru dunia mulai merasakan akibat dari permasalahan lingkungan yang semakin lama semakin memburuk.

 

 “pengembangan *green technology* atau teknologi ramah lingkungan merupakan pilihan yang sangat realistis terutama dengan mengurangi produksi gas buang dan mengantisipasi menyusutnya persediaan energi fosil yang secara nyata berdampak terhadap pemanasan global dan perubahan iklim,” dikatakan Walikota Bandung, Dada Rosada saat membuka M-FEST 2011 (Mechanical Festival) di tugu Soekarno Institut Teknologi Bandung, Jl. Ganesa No. 10 Bandung (04/11)

 

Kegiatan M-Fest 2011 diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Mesin Institut Teknologi Bandung bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung dan para pengusaha dengan tujuan membuka wawasan masyarakat Indonesia dan menularkan semangat untuk menjaga lingkungan serta membentuk keharmonisan antara perkembangan teknologi dengan lingkungan.

 

Dikatakan Rektor ITB, Prof. Dr. Akhmaloka, “dengan green tehnologi kita berusaha bagaimana menularkan semangat untuk menjaga lingkungan kepada masyarakat, ITB terus berusaha mengembanhkan teknologi ramah lingkungan serta saya sangat mengapresiasi usaha Pemerintah Kota Bandung menjaga lingkungan dengan adanya Car Fee Day, Cikapundung Bersih dan penanaman pohon setiap hari,”ujarnya.

 

Lebih lanjut Ahmaloka memaparkan, “harus segera dicari solusi cerdas yang dapat menjawab tantangan ini, yaitu solusi yang tetap dapat mengembangkan teknologi tanpa merusak lingkungan. Green Technology adalah solusi yang tepat untuk menjawab permasalahan ini” paparnya

 

Untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan terutama yang disebabkan asap kendaraan bermotor, Yayasan Astra Honda Motor diwakili Benjamin Kumala menyerahkan 1000 pohon kepada Ppemkot Bandung, “asap kendaraan bermotor membawa sebaigian besar dampak yang buruk terhadap lingkungan, terutama kendaraan yang tidak sesuai dengan spesifikasi pabrik atau yang di rubah-rubah” ujarnya

 

Rangkaian acara M-Fest 2011 dilangsungkan 4,5,6 Februari 2011 terdiri dari New Engine Tune Up, National Innovation Contest, Phytagorean Device Performance, Opening and Closing Celebration, seminar eco driving dan uji emisi gratis. (www.bandung.go.id)