ANRI Serahkan Citra Arsip Daerah Kota Bandung

Undang Undang RI Nomor 43 Tahun 2009 tentang kearsipan,  memberikan pemahaman, arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media ses

Sysadmin Saturday, 13 August 2016 09:37
ANRI Serahkan Citra Arsip Daerah Kota Bandung
ANRI Serahkan Citra Arsip Daerah Kota Bandung

Undang Undang RI Nomor 43 Tahun 2009 tentang kearsipan,  memberikan pemahaman, arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintahan daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Begitu pentingnya fungsi arsip sebagai alat bukti sah dalam menjamin perlindungan kepentingan negara dan hak-hak keperdataan rakyat, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendorong SKPD terkait dilingkungannya mengembangkan kearsipan daerah sehingga bisa berperan sebagai pusat pengelolaan alat bukti nyata dan benar. 

"Pengelolaan arsip yang baik dan benar, kita yakini bisa menopang tugas tugas pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Untuk itu saya minta seluruh jajaran dilingkungan  Pemkot Bandung lebih peduli lagi terhadap arsip daerah," tandas Wali Kota Bandung, H Dada Rosada menerima citra arsip daerah Kota Bandung dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), di Aula Serbaguna Bermartabat Balaikota Bandung, Jalan Wastukancana 2, Senin (21/02).

Arsip daerah dalam bentuk dokumentasi peristiwa sejarah nasional yang terjadi di Kota Bandung, diserahkan Kepala ANRI, H.M Asikin. Acara ditandai penandatanganan MOU bantuan satu unit mobil perpustakaan keliling dari Rotary Club Bandung Kota Kembang, bantuan 23 ribu exemplar buku terdiri dari 500 judul buku perpustakaan untuk 23 perpustakaan kelurahan di Kota Bandung. Diserahkan Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (Bapersipda) Jawa Barat, Dedi Djunaedi.

Arsip Citra Daerah diterima, kata Dada, akan menambah perbendaharaan arsip daerah Kota Bandung. Wujud apresiasinya, Pemkot akan mengelolanya secara baik sebagai tanggung jawabnya kepada generasi mendatang. Sedangkan terkait bantuan buku perpustakaan untuk kelurahan yang diterimanya, setidaknya akan menambah koleksi dan variasi judul perpustakaan kelurahan.  "Kita berharap, perpustakaan kelurahan yang relatif lebih dekat dengan warga bisa mendorong minat, kemauan dan kemampuan baca masyarakat, mendorong pengetahuan dan gemar belajar sepanjang hayat," harapnya.

"Keberadaan perpustakaan setidaknya akan menyediakan sumber belajar yang bermanfaat untuk mencerdaskan bangsa sekaligus memberdayakan pelaksanaan pendidikan nasional. Ini sejalan dengan agenda  pembangunan bidang pendidikan Bandung Cerdas yang kita canangkan di 2008," imbuh Dada yang tidak lama lagi akan meresmikan selesainya pembangunan gedung baru Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Pusarda) Kota Bandung di kawasan Jalan Caringin, yang lebih megah dan lebih memadai dari yang telah ada sekarang.

Kepala ANRI, HM Asikin menyatakan, pengelolaan arsip baik dalam memelihara nilai-nilai historis, sosial dan kultural dalam fungsi pelayanan publik, terkait erat dengan penanganan informasi sebagaimana diatur Undang Undang RI Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik dan UU RI Nomor 25/2009 tentang pelayanan publik. Sengaja melalaikan, berkonsekuensi terkena sanksi administratif atau sanksi pidana.

Begitu pentingnya peran kearsipan ungkap Asikin, ANRI pada awal 2010 menyusun program peningkatan semangat nasionalisme dan patriotisme serta penguatan karakter bangsa. Melalui inovasi, visualilasi dan pencitraan Arsip sebagai bahan pembelajaran sekolah dasar dan menengah sampai dengan 2014. 

Dalam kesempatan tersebut HM Asikin juga menyinggung program Arsip masuk desa yang sudah berjalan sejak awal 2009, bertujuan untuk meningkatkan dan mendukung layanan prima dan bermutu bagi masyarakat, "Desa atau kelurahan adalah ujung tombak pelayanan kepada publik", sambungnya.

Menurutnya, melalui khasanah Arsip dapat diperoleh informasi yang akurat dan objektif, mengenai peran masing-masing daerah dalam membangun kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bingkai Republik Indonesia. Khususnya di Kota Bandung semoga dapat memotivasi Pemerintah Kota untuk lebih membangun dan mengembangkan kearsipan di Kota Bandung dalam kehidupan bermasyarakat.

(www.bandung.go.id)