CFD Buah Batu

Pelaksanaan Uji Coba Car Free Day (CFD) Buah Batu Minggu (19/6) sudah memasuki minggu yang ke-4, dan dinilai cukup tertib sehingga memungkinkan untuk dilanjutka

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:37
CFD Buah Batu
CFD Buah Batu

Pelaksanaan Uji Coba Car Free Day (CFD) Buah Batu Minggu (19/6) sudah memasuki minggu yang ke-4, dan dinilai cukup tertib sehingga memungkinkan untuk dilanjutkan dan diperluas.

Hal tersebut, diungkapkan Wali Kota Bandung Dada Rosada di sela-sela peninjauan CFD Buah Batu. Menurutnya selama pelaksanaannya tertib dan masyarakat membutuhkannya  kenapa tidak untuk dilanjutkan.

"Uji coba itu bisa dilanjutkan bisa juga tidak, kalau melihat pelaksanaan car free day di buah batu hari ini yang tertib, kemungkinan besar bisa dilanjutkan," ungkap Dada.

Lebih lanjut Dada juga menuturkan kalau masyarakat membutuhkan area yang lebih luas, bisa juga jalurnya diperpanjang.

"Mesjid saja yang tadinya kecil, kemudian jamaahnya banyak dan membutuhkan tempat yang lebih luas, maka mesjid itu bisa diperluas, begitu juga dengan ini, kalau masyarakat membutuhkannya ya kenapa tidak," ujar Dada.

Menurut Dada, Hotel Sepuluh saja yang tadinya menolak pelaksanaan CFD, karena takut hotelnya tidak laku, sekarang malahan berterima kasih karena hotelnya menjadi laku. "Bahkan mereka menyediakan sepeda untuk tamunya setiap hari minggu, agar bisa berkeliling di area CFD," ujar Dada.

Setelah berjalan-jalan di area CFD dan mengikuti senam pagi, Dada meminta jajaran Dinas Perhubungan agar dapat memisahkan jalur pengguna sepeda dan para pejalan kaki, agar tidak terjadi kesemrawutan.

"Saya memerintahkan jajaran Dishub agar membuat jalur sepeda di kiri kanan jalan dan ditengah-tengah untuk para pejalan kaki," jelas Dada.

Lebih lanjut Dada juga menuturkan dengan berjalan-jalan sambil menikmati CFD, kekurangan pelayanan Pemerintah Kota (pemkot) sepanjang jalan tersebut bisa terlihat.

" Apabila naik mobil, mungkin kekurangan pelayanan pemkot tidak terlalu kelihatan, tapi dengan berjalan-jalan dapat terlihat, misalnya saja Dishub dengan petunjuk jalan, Dinas Bina Marga dan Pengairan dengan trotoar dan drainase, atau dinas pemakaman dan pertamanan dengan tanaman dan taman di sepanjang jalan," jelasnya.

Terkait dengan para pedagang yang berjualan di area CFD, Dada Rosada mempersilahkan mereka berjualan asal tidak di trotoar.

"Kalau pedagang itu berjualan di trotoar tentu akan dilarang dan ditindak, tetapi kalau di halaman ya silahkan saja, toh mereka juga berjualannya seminggu sekali, tadi juga kan saya makan di halaman, kalau yang jualannya di trotoar, maka saya juga ngga mau makan," pungkas Dada.

(www.bandung.go.id)