Diskop UKM dan Perindag Kota Bandung Akan Bangun Balai Pelatihan UKM

Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Bandung berencana membangun balai pelatihan usaha menengah mikro di Cigondewah, kata Kepala Diskop, UKM d

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:38
Diskop UKM dan Perindag Kota Bandung Akan Bangun Balai Pelatihan UKM
Diskop UKM dan Perindag Kota Bandung Akan Bangun Balai Pelatihan UKM

Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Bandung berencana membangun balai pelatihan usaha menengah mikro di Cigondewah, kata Kepala Diskop, UKM dan Perindag Ema Sumarna.

"Kami akan mengembangkan program revitalisasi tujuh sentra industri yang diawali dari Cigondewah. Rencananya pada APBD murni 2012 akan diajukan pembangunan balai pelatihan UKM tersebut," katanya di Bandung, Minggu.

Ia mengatakan, pemilihan Cigondewah sebagai pusat pelatihan karena dari tujuh sentra industri di Kota Bandung, Cigondewah yang dinilai paling siap karena konsep rancangan bangunannya sudah selesai.

"Cigondewah berpeluang besar karena konsep rancangan bangunan sudah selesai, RAD pun sudah ada gambaran dan sebagian besar lahan di sana sudah kita kuasai hampir mencapai 11.000 meter," katanya.

Menurut Ema, pembangunan balai pelatihan memerlukan dana sebesar Rp20 miliar, dan dana tersebut untuk kegiatan pelatihan serta melengkapi berbagai fasilitas tambahan.

"Untuk menyelesaikan proyek ini, saya akan meminta alokasi dana sebesar Rp20 miliar kepada pemerintak kota dan DPRD. Balai pelatihan ini juga dilengkapi unit pelayanan promosi, unit pelayanan teknis, dan asrama peserta latihan," ujarnya.

Ema mengaku masyarakat Cigondewah bekerja sama dengan baik untuk mewujudkan balai pelatihan tersebut, karena itu pihaknya optimistis balai pelatihan itu akan selesai pada 2012.

"Saat ini rancangan anggaran untuk pembangunan balai pelatihan tersebut sedang disusun," katanya.

Ia mengharapkan pengajuan pembangunan balai pelatihan UKM ini disetujui DPRD Kota Bandung karena bagaimana pun itu untuk kepentingan masyarakat.

"Saya harapkan dengan adanya balai pelatihan di Cigondewah akan menjadi daya ungkit masyarakat untuk terus berkreasi dan meningkatnya aktivitas ekonomi seluruh warga Kota Bandung," katanya. (www.bandung.go.id)