DISHUB TERTIBKAN PKL MOBIL PRIBADI DI BANDUNG

Aparat Dishub, Satpol PP dan kepolisian Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Minggu, menertibkan pedagang kaki lima (PKL) di jalur "Car free day (CFD)" Jalan Dag

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:38
DISHUB TERTIBKAN PKL MOBIL PRIBADI DI BANDUNG
DISHUB TERTIBKAN PKL MOBIL PRIBADI DI BANDUNG

Aparat Dishub, Satpol PP dan kepolisian Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Minggu, menertibkan pedagang kaki lima (PKL) di jalur "Car free day (CFD)" Jalan Dago karena maraknya pedagang menggunakan mobil pribadi yang memanfaatkan keramaian di jalur tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Prijo Soebiandono mengatakan, dalam penertiban tersebut, diturunkan puluhan petugas gabungan dari tiga instansi guna melakukan pengawasan dengan menegur dan mengusir PKL yang berdagang sembarangan.

"Penertiban itu memang ditujukan pada PKL yang berjualan di trotoar dan mobil yang dijadikan tempat jualan, saya sangat menyesalkan pada mobil yang berjualan parkir dipinggir jalan," katanya.

Ia menjelaskan, kekesalannya itu karena rata-rata yang berjualan menggunakan mobil berpendidikan tinggi dan seharusnya mereka tau kalau berjualan di sembarang seperti di pinggir jalan itu tidak boleh. "Saya heran mereka itu kan pendidikannya tinggi tetapi tetap saja membandel," jelasnya.

Meski begitu, ia mengaku cukup senang karena PKL-PKL tersebut mundur dengan sukarela setelah ditertibkan dan diberi peringatan dengan membongkar lapak mereka sendiri tanpa perlu ada tindakan represif.

"Jadi, saat kita memberi tahu mereka agar tidak berjualan mereka langsung mundur secara sukarela dan tidak ada aksi macam-macam," kata Prijo.

Sementara itu, satu minggu menjelang Hari Raya Idul Adha yang secara jadwal bertepataan dengan hari Minggu (6/11) nanti, CFD tetap akan berjalan seperti biasanya.

"CFD akan tetap berjalan meski Hari Raya Idul Adha karena tujuannya kan jelas, yakni untuk membuat udara bersih sedangkan masalah ramai atau tidak, itu tidak terlalu masalah," jelasnya.

Selain itu, Prijo mengatakan, pihaknya memprediksi CFD di tiga titik yaitu CFD Buah Batu, CFD Dago dan CFD Merdeka akan tetap ramai, terutama setelah shalad Idul Adha.

Sebelumnya, Ketua Komisi C DPRD Kota Bandung, Entang Suryaman meminta Dishub untuk menertibkan PKL yang kerap membuat CFD tidak luput dari banyaknya sampah berserakan di jalan-jalan tersebut setelah CFD berlangsung.