Pemkot Bandung Rencanakan Vaksinasi Hepatitis A

Pemerintah Kota Bandung merencanakan melakukan vaksinasi di sejumlah wilayah untuk mencegah penyebaran virus hepatitis A yang belakangan kerap menerpa warga ko

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:38
Pemkot  Bandung  Rencanakan  Vaksinasi  Hepatitis  A
Pemkot Bandung Rencanakan Vaksinasi Hepatitis A

Pemerintah Kota Bandung merencanakan melakukan vaksinasi di sejumlah wilayah untuk mencegah penyebaran virus hepatitis A yang belakangan kerap menerpa warga kota tersebut.

Wakil Wali kota Bandung, Ayi Vivananda di Bandung, Senin (14/11) mengatakan, pihaknya bersama Dinas Kesehatan kota setempat akan membicarakan mengenai rencana vaksinasi virus tersebut.

"Kita akan bicarakan dulu dengan Dinkes karena memang penyakit ini sudah menyerang 234 orang di Kota Bandung," katanya.

Ayi mengatakan, wabah tersebut bisa menerpa seseorang karena pola hidupnya, bila pola hidup sehat yang diusung warga maka virus tersebut sulit menerpa dan kalau pola hidupnya buruk maka penyakit pun mudah menimpa termasuk virus tersebut.

"Jadi, pola hidup sehat harus kembali digalakan , misal hal dasar seperti cuci tangan pakai sabun sebelum makan," katanya.

Selain itu, Ayi meminta kepada orang tua untuk lebih berhati-hati dalam memberi konsumsi jajanan sekolah kepada anaknya, karena banyak makanan yang tidak terjamin kesehatannya di sekitar sekolah.

"Lebih baik membawa bekal dari rumah daripada memberikan uang jajan kepada anak, jadi jangan jajan sembarangan," jelasnya.

Ayi meminta juga pada para pedagang untuk menyediakan makanan yang memerhatikan kesehatan dengan pengolahan yang bersih.

"Para pedagang diharapkan untuk menyediakan makanan sehat dan bersih, dengan mengikuti cara memasak yang sudah distandarisasi Pemerintah guna membunuh potensi wabah penyakit," tambah Ayi.

Sebelumnya, tercatat 234 orang terjangkit penyakit hepatitis A di Kota Bandung Periode Bulan Oktober- November, 80 persen yang terjangkit merupakan mahasiswa universitas Parahyangan dan sisanya merupakan warga dua Kelurahan disekitar kampus Unpar.(www.bandung.go.id)