Percepatan Pembangunan Kelurahan Bermartabat (P2KB) eks Wilayah Bojonagara

Walikota Bandung, Dada Rosada mengajak pemerintah dan masyarakat melakukan percepatan pembanguan di kelurahan, dirinya menginginkan pembangunan dilakukan secara

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:38
Percepatan Pembangunan Kelurahan Bermartabat (P2KB) eks Wilayah Bojonagara
Percepatan Pembangunan Kelurahan Bermartabat (P2KB) eks Wilayah Bojonagara

Walikota Bandung, Dada Rosada mengajak pemerintah dan masyarakat melakukan percepatan pembanguan di kelurahan, dirinya menginginkan pembangunan dilakukan secara profesional, "Bagaimanapun kita ingin mengejar ketertinggalan dibandingkan kota lainnya, kita memasuki wilayah daya saing, kalau kita terlalu lambat pembangunan dan pelayanan tentu akan tertinggal, dalam percepatan tersebut tentu harus dilakukan secara profesional" serunya.

Hal tersebut diungkapkan untuk mengajak peran serta masyarakat melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) ketika meninjau Percepatan Pembangunan Kelurahan Bermartabat (P2KB) eks Wilayah Bojonagara di Audiditorium Gd. Wyata Guna, Jl. Pajajaran Bandung, Kamis (17/11).

Lebih lanjut Dada mengungkapkan dibutuhkan peran serta masyarakat sebagai mitra dalam pembangunan, "Masalah kebutuhan yang dihadapi warga harus cepat diselesaikan, hal itu merupakan tugas pemerintah, tetapi potensi pemerintah sangat terbatas tidak seperti yang dibayangkan bahwa semua bisa diatasi pemerintah, dibutuhkan peran serta dari masyarakat, pemerintah dan masyarakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan" imbaunya.

Kunjungannya bersama Wakil Walikota Bandung, Ayi Vivananda dan Sekretaris Daerah Kota Bandung, Edi Siswadi dalam rangka monitoring dan evaluasi bantuan dana hibah P2KB tahun anggaran 2011 eks Wilayah Bojonagara.

Ketua DPD LPM Kota Bandung, R.A.Syarifudin, dalam sambutannya menegaskan tugas dan fungsi LPM untuk menciptakan keharmonisan antara masyarakat dengan masyarakat dan masyarakat dengan pemerintah, "Tugas LPM merencanakan pembangunan bersama pemerintah dan masyarakat, menumbuhkan semangat gotong royong serta memantau pembangunan, Fungsi LPM sebagai wahana partisipasi masyakat serta menjembatani aspirasi masyarakat dengan pemerintah" sambutnya.

Walikota Bandung berjanji tahun anggaran 2012 akan menambah dana P2KB hingga 125% untuk mempercepat pengentasan kemiskinan "kalau pada hari ini setiap kelurahan mendapat sekitar 200 juta, maka pada anggaran berikutnya lebih dari 200 juta, dengan cacatan kita akan melakukan penundaan bagi yang pelaporannya kerjanya kurang bagus, sebelum tanggal 5 desember pelaporan harus sudah masuk" katanya.

Program P2KB diluncurkan untuk percepatan pembangunan terutama untuk mendukung program tujuh agenda prioritas pembangunan kota Bandung. Untuk program tersebut, Pemkot mengeluarkan anggaran dari dana hibah tahun 2011 sebesar Rp 30,4 miliar.

Program tersebut menyeluruh untuk 151 kelurahan dengan masing-masing kelurahan mendapatkan Rp 200 juta Rp 350 juta, tergantung kriteria dan jumlah penduduk miskin serta luas area.

Camat Cicendo, memandang perlu program P2KB ditahun yang akan datang karena program pembangunannya menitik beratkan keberpihakan pada masyarakat, memberikan kontribusi positif dan responsif dalam mewujudkan pembangunan, "Program P2KB untuk menumbuhkan peran dan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan pembangunan dengan keberpihakan kepada masyarakat, mulai berpartisipasi dalam pengambilan keputusan hingga pelaksanaanya," pungkasnya.

(www.bandung.go.id)