BPS: Wisman Masuk Jabar Lewat Bandara Husen Sastranegara Meningkat

Bandung, 04/01/12 (www.bandung.go.id)  Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat mencatat jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang masuk ke Jawa Jabar melalui B

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:38
BPS: Wisman Masuk Jabar Lewat Bandara Husen Sastranegara Meningkat
BPS: Wisman Masuk Jabar Lewat Bandara Husen Sastranegara Meningkat

Bandung, 04/01/12 (www.bandung.go.id)  Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat mencatat jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang masuk ke Jawa Jabar melalui Bandara Husein Sastranegara Bandung pada 2011 meningkat signifikan dibandingkan 2010.

"Jumlah wisatawan yang langsung masuk lewat Bandara Husein Bandung meningkat pada 2011, per November 2011 sudah mencapai 104.985 orang, meningkat dari tahun lalu sebanyak 92.479 orang," kata Kepala Bidang Statistik Distribusi Kantor BPS Jawa Barat Anggoro Dwitjahjo di Bandung kepada Wartawan AntaraJabar.com, Selasa(03/01).

Menurut Anggoro, pada akhir Desember 2011 kemarin diprediksi bisa mencapai 116 ribu hingga 118 ribuan bahkan di atas angka itu karena pada Desember bertepatan dengan liburan sekolah, Natal dan Tahun Baru yang selalu menunjukan trend positif pada setiap tahunnya.

Kehadiran wisatawan pada Desember 2011 berdasarkan perkiraan kemungkinan meningkat dibandingkan setahun lalu karena faktor liburan dan akhir tahun.

Sementara itu pendorong peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Jawa Barat pada 2011 tidak lepas dari penambahan penerbangan langsung dari Bandung ke Singapura dan Kuala Lumpur yang saat ini ada sekitar lima penerbangan domestik ke Bandung.

"Peningkatan landasan Bandara Husein yang memungkinkan didarati pesawat besar seperti A-230 otomatis menambah minat maskapai penerbangan untuk mendaratkan pesawatnya di jalur Bandung. Penerbangan langsung Bandung - Singapura dan Kuala Lumpur sangat berpengaruh, disamping jalur tidak langsung dari Jakarta, Surabaya, Yogyakarta dan Bali," kata Anggoro.

Dengan adanya peningkatan lebih dari 14 persen pada November 2011, kata Anggoro kondisi itu diprediksi akan berlangsung pada 2012 dimana penerbangan langsung ke Bandung akan bertambah menyusul akan beroperasinya sejumlah rute penerbangan lainnya.

"Informasi akan ada penerbangan baru ke Bandung, jelas itu akan menambah kunjungan langsung wisatawan ke Bandung. Ke depan pariwisata Jabar masih prospektif menyedot minat wisman," katanya.

Sementara itu hasil pendataan tingkat penghunian kamar hotel di Jabar pada November 2011 mengalami penurunan 2,91 persen dibandingkan Oktober. Namun di sisi lain kedatangan tamu mancanegara pada November 2011 mengalami peningkatan 22,23 persen dibandingkan Oktober 2011.

Pada November 2011 wisman yang datang melalui pintu masuk Bandara Husein tercatat 11.155 orang, sedangkan pada Oktober 2011 sebanyak 9.126 wisatawan mancanegara. Sebagian besar wisatawan ke Bandung adalah dari Malaysia dan Singapura yang memiliki akses penerbangan langsung ke Bandung.

Namun sebaliknya wisman yang datang melalui Pelabuhan Muarajati Cirebon pada November 2011 mengalami penurunan dibandigkan bulan sebelumnya.(Diskominfo)

(www.bandung.go.id)