Pelantikan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Bandung

Bandung, 10/01/2012 (www.bandung.go.id) Kemitraan antara Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Bandung dengan Pemerintah Kota Bandung, haruslah lebih baik

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:38
Pelantikan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Bandung
Pelantikan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Bandung

Bandung, 10/01/2012 (www.bandung.go.id) Kemitraan antara Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Bandung dengan Pemerintah Kota Bandung, haruslah lebih baik daripada organisasi yang lain, karena LPM ditetapkan oleh keputusan Walikota. Hal tersebut dikatakan oleh Wali Kota Bandung Dada Rosada, sesaat setelah pelantikan pengurus LPM Kota Bandung periode 2011-2016, di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum 56, Selasa (10/1).

Terpilih sebagai Ketua LPM yang baru Merdi Hajiji menggantikan Syarifudin. Pelantikan sendiri dilakukan oleh Ketua LPM Provinsi Jawa Barat Tatang Suratis disaksikan Wali Kota Bandung Dada Rosada, Sekda Kota Bandung Edi Siswadi dan sejumlah pejabat publik Kota Bandung.

Dada menilai apa yang dilakukan oleh kepengurusan LPM yang lalu sudah cukup bagus, sehingga menurutnya kepengurusan yang baru tinggal melanjutkannya. “Apa yang dilakukan oleh kepengurusan yang lama sudah bagus, tinggal dilanjutkan saja oleh kepengurusan yang baru,” ujarnya.

LPM itu menurut Dada merupakan penyambung aspirasi dari masyarakat kepada pemerintah, begitu juga dengan program-program pemerintah bisa diinformasikan kepada masyrakat oleh LPM.

Dada juga mengatakan program-program yang sudah dilakukan LPM bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bandung seperti PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) dan P2KB (Percepatan Pembangunan Kelurahan Bermartabat) sudah berjalan dengan baik, apabila dirasakan ada yang kurang maka harus diperbaiki.

Tidak lupa Dada juga mengingatkan agar LPM meningkatkan koordinasinya, baik secara internal antara pengurus dan anggotanya maupun dengan pihak eksternal, seperti Pemerintah Kota Bandung maupun masyarakat. “Jangan sampai karena kurangnya koordinasi maka yang rugi masyarakat itu sendiri,” jelas Dada.

Sementara itu menurut Merdi Hajiji sebagai ketua LPM yang baru, program pertama yang akan dilakukannya adalah melanjutkan program unggulan yang sudah ada yaitu P2KB. Selain itu dia juga menuturkan akan mencoba program peningkatan akselerasi pemberdayaan ekonomi masyarakat yaitu dengan membuka warung-warung masyarakat bermartabat.

Pertama-tama tentu saja kita melanjutkan program unggulan kita yaitu P2KB, selain itu juga kita akan mencoba warung-warung masyarakat bermartabat, dimana warung ini dikelola dan dimiliki oleh masyarakat,” ujar Merdi.

Diharapkan warung-warung bermartabat ini dapat tumbuh dan berkembang di setiap kecamatan. Sedangkan terkait dengan warung-warung yang sudah ada di gang-gang, diharapkan warung-warung tersebut dapat bersinergi dengan warung masyarakat bermartabat tersebut dan pelaksanaannya akan dibantu oleh LPM dan dapat bersinergi dengan program P2KB. (Diskominfo)

(www.bandung.go.id)