HUT LINMAS KE-50 DAN HUT OTDA KE-16

Sesuai dengan Permendagri No. 10 tahun 2010 tentang penugasan satuan Linmas (Perlindungan Masyarakat) dalam penanganan ketentraman, ketertiban, dan keamanan pen

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:39
HUT LINMAS KE-50 DAN HUT OTDA KE-16
HUT LINMAS KE-50 DAN HUT OTDA KE-16

Sesuai dengan Permendagri No. 10 tahun 2010 tentang penugasan satuan Linmas (Perlindungan Masyarakat) dalam penanganan ketentraman, ketertiban, dan keamanan penyelenggaraan pemilu, satuan linmas merupakan elemen masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna  mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan dan kegiatan sosial kemasyarakatan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda yang membacakan sambutan Wali Kota Bandung Dada Rosada, pada apel peringatan HUT LINMAS ke-50 dan HUT OTDA ke-16 tingkat Kota Bandung, di Plaza Balaikota, Jalan Wastukancana No. 2, Senin (30/4).

Lebih lanjut dikatakannya dengan peran seperti itu tugas-tugas linmas begitu strategis, karena tidak saha terkait tugas-tugas yang bersifdat represif ketika terjadi kedaruratan, tetapi juga menyangkut tugas-tugas preventif termasuk melalui kegaitan yang mengukuhkan hubungan sosial yang manusiawi.

Ia, pun merasa bangga satuan linmas di Kota Bandung yang berjumlah sekitar 12.000an orang telah menjalankan fungsinya dengan baik, meski hanya didukung fasilitas yang terbatas. "Saya menilai para anggota linmas mampu menunjukkan kinerja yang sangat membanggakan, dimana itu semua diabngun oleh tradisi dan semangat juang yang selalu mengedepankan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi atau golongan," ujarnya.

Menurut Ayi meskipun anggota linmas itu hanya mendapatkan insentif yang tidak terlalu besar tetapi mereka tetap mau menjadi anggota Linmas, bahkan untuk tahun ini jumlahnya bertambah sekitar 1.100 orang. "Hal itu menunjukkan menjadi anggota linmas itu merupakan panggilan hati untuk bersama-sama masyarakat menjaga keamanan dan ketertiban," jelasnya.

Anggota linmas yang ada saat ini,usianya bervariasi, tetapi kebanyakan di atas 30-40an dan mereka rata-rata mempunyai pekerjaan lain selain menjadi anggota linmas.

Untuk tahun ini, Ayi menuturkan sekitar 1,5 Milyar digulirkan untuk insentif para anggota linmas, sehingga rata-rata anggota linmas mendapatkan sekitar Rp. 160.000,- per orangnya.

Tetapi yang terpenting menurut Ayi, bagaimana adanya saling  pemahaman antar warga masyarakat untuk saling membantu. "Jangan karena ada linmas maka semuanya dilimpahkan kepada mereka," pungkasnya.

(www.bandung.go.id)