Wali Kota Bandung Membuka Gelar Kemitraan UMKM

Wali Kota Bandung, Dada Rosada berharap Perda tentang Coorporate Social Responsibility (CSR) segera disahkan. Ini perlukan agar kemitraan perusahaan dengan usah

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:39
Wali Kota Bandung  Membuka Gelar Kemitraan UMKM
Wali Kota Bandung Membuka Gelar Kemitraan UMKM

Wali Kota Bandung, Dada Rosada berharap Perda tentang Coorporate Social Responsibility (CSR) segera disahkan. Ini perlukan agar kemitraan perusahaan dengan usaha kecil menengah (UKM) di Kota Bandung lebih berkembang. Dengan adanya Perda dan Lembaga CSR, diharapkan bantuan yang diberikan perusahaan pun tidak akan menumpuk di satu wilayah saja.

"Kalau bisa minggu ini ditetapkan, itu lebih bagus. Bila Perda CSR ini keluar, kemungkinan kita bisa tingkatkan lagi kerja sama sehingga lebih berkembang," ujar Dada usai membuka "Gelar Kemitraan 2012" di Plaza Balai Kota, Jl. Wastukancana, Rabu (27/6).

Dengan adanya perda ini, maka ada aturan yang mengikat pada perusahaan untuk mengeluarkan CSR. "Untuk besarannya, nanti kita lihat di perwal," ungkap Dada.

Selain dari perusahaan, sejak 2007 pemkot sendiri sudah memberikan Bantuan Khusus Wali Kota (Bawaku) Makmur pada 100.008 pelaku UKM dengan nilai sebesar Rp. 62,5 miliar. Namun dengan adanya perda CSR dan lembaga CSR, diharapkan bantuan yang diberikan perusahaan pada UKM dan juga masyarakat tidak akan terjadi tumpang tindih. "Dengan adanya perda, kita jadi tahu dengan jelas mana yang akan dibantu oleh pemkot atau oleh pengusaha. Sehingga jelas besaran dan sasarannya," ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Bandung, Emma Sumarna mengatakan, ada 21 stand BUMN/ BUMD yang ikut serta dalam gelar kemitraan tahun ini. Sementara di Kota Bandung ini ada 35 BUMN dan 4 BUMD.

"Tidak semua ikut serta, karena setelah dibangun komunikasi ada jadwal yang berbenturan, sehingga mereka tidak bisa gabung," tutur Emma.

Acara ini, lanjutnya, hanya berlangsung satu hari karena memang tujuannya untuk sinergitas. "Kita ingin perlihatkan sinergi yang terbangun dan program BUMN/BUMD, yang beriringan dengan program Pemkot Bandung bukan hanya untuk pameran," tandas Emma.

Dalam kesempatan tersebut, PDAM Kota Bandung membagikan voucher pemeriksaan air bersih gratis. Sebanyak 50 vaucer diberikan pada pengunjung pameran kemitraan ini. "Biasanya untuk pemeriksaan air di Laboratorium Pengendalian Kualitas Lingkungan dikenakan biaya sesuai ketentuan," ujar Humas PDAM, Melly.

Untuk vaucer gratis ini, lanjutnya, diberikan pada even-even tertentu. "Setiap pameran kita berikan vaucer gratis dan juga pembagian air minum dalam kemasan gratis," tutur Melly, biaya pemeriksaan air bersih Rp. 214.000.(www.bandung.go.id)

(www.bandung.go.id)