BAZAR RAMADHAN 1433 H

Pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) di Kota Bandung memiliki nilai yang sengat strategis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan, sehingga akan b

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:39
BAZAR RAMADHAN 1433 H
BAZAR RAMADHAN 1433 H

Pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) di Kota Bandung memiliki nilai yang sengat strategis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan, sehingga akan berdampak secara langsung terhadap pertumbuhan ekonomi.

Kegiatan pasar murah tidak saja menfasilitasi transaksi antara pelaku UKM dan pembeli dengan harga yang relatif murah, namun merupakan suatu kesempatan yang ditunggu masyarakat karena selain terjangkau juga menyediakan kebutuhan bahan pokok dengan kualitas yang baik, sehingga menjadi momentum solusi alternatif di tengah kesulitan yang dihadapi masyarakat saat naiknya harga bahan baku selama bulan ramadhan dan menjelang lebaran.

Sebagai salah satu bentuk kepedulian sosial untuk membantu masyarakat  yang kurang mampu Pemerintah Kota Bandung bekerja sama dengan Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kota Bandung, mengadakan Bazar Ramadhan 1433H di Lapangan Parkir Timur RS. Khusus Ginjal R.A. Habibie, Jl. Tubagus Ismail 45, Kamis (09/08/2012).

Dikatakan Sekretaris Daerah Kota Bandung, Edi Siswadi, Kegiatan Bazar Ramadhan ini sangat diperlukan dan akan dilakukan di beberapa tempat di Kota Bandung, "Melihat antusiasme masyarakat terhadap kegiatan-kegiatan bazar murah apalagi menghadapi hari raya ini sangat di perlukan, maka kegiatan-kegiatan seperti ini sebaiknya dilaksanakan tidak hanya satu tempat, karena bila bazar murah dan tempatnya jauh dari ongkos saja sudah mahal dan harga pun tidak murah lagi," ujarnya sesaat setelah meninjau beberapa stan pameran bazar.

Lebih lanjut Edi menyarankan Pelaksanaan Bazar Ramadhan seharusnya dilaksanakan di setiap kecamatan, dan bahkan tahun 2013 ia menyatakan akan mengalokasikan budget khusus untuk kegiatan-kegiatan yang dapat memberikan stimulus terhadap peningkatan daya beli masyarakat dan pelayanan terhadap kebutuhan pokok masyarakat yang murah dan terjangkau diseluruh wilayah kota.

"Ini merupakan harapan kami agar Dinas KUKM dan Koperasi bisa memfasilitasi agar tiap kecamatan khususnya mendekati hari raya atau ketika harga-harga barang melejit, bisa melakukan kegiatan-kegiatan semacam ini sehingga keseluruhan masyarakat dapat terbantu bebannya."

Bazar Ramadhan merupakan kegiatan rutin diadakan setiap tahun dan tahun ini menurut ketua pelaksana, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Diperindag Kota Bandung, Ema Sumarna, "Pelaksanaan bazar ramadhan tahun ini merupakan wujud sinergitas dan kerjasama berbagai stakeholder pembangunan seperti Dekranasda Kota Bandung, Kadin Kota Bandung, serta pelaku usaha toko modern seperti Indomart, Lottemart, Alfamart, Yogya, serta Borma sehingga jumlah keseluruhan peserta mencapai 48 peserta yang terbagi kedalam 38 stan pameran," terangnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama satu hari tanggal 9 Agustus 2012 dari pukul 9.00 Wib sampai dengan pukul 16.00 Wib, juga dilaksanakan pembagian sembako kepada 225 warga yang secara ekonomi kurang beruntung.

(www.bandung.go.id)