Ziarah Makam Para Pendiri Kota Bandung

Berangkat dari pendopo kota Bandung, Jl. Dalem Kaum, sejumlah Pejabat Publik Pemerintah Kota Bandung, Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) serta Yayasan Sajarah

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:39
Ziarah Makam Para Pendiri Kota Bandung
Ziarah Makam Para Pendiri Kota Bandung

Berangkat dari pendopo kota Bandung, Jl. Dalem Kaum, sejumlah Pejabat Publik Pemerintah Kota Bandung, Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) serta Yayasan Sajarah Timanganten Bandung, melakukan ziarah ke makam para leluhur dan pendiri Bandung, Senin (24/09/2012)

Ziarah tersebut merupakan rangkaian dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Bandung ke-202 dimulai dari belakang Mesjid Raya Bandung Prov. Jabar, tempat makam Bupati Bandung ke-6 (1794 - 1829), Rd. Adipati Wiranatakusumah VI (Dalem Kaum) sebagai pendiri Kota Bandung.

Rombongan melanjutkan ziarah ke situs makam para Bupati Bandung di Jalan Karanganyar, R.H.A.A Wiranatakusumah, makam Bupati Bandung pertama Rd. Tumenggung Wira Angun-Angun (1641 -1709) yang bersebelahan dengan Pahlawan Nasional Rd. Dewi Sartika.

Asisten administrasi perekonomian dan pembangunan, Ubad Bachtiar selaku pimpinan rombongan mengatakan kegiatan tersebut sebagai penghormatan di Hari Jadi Kota Bandung, "Hari ini kita ziarah kemakam leluhur sebagai penghormatan pada mereka dan mendoakan para leluhur kita yang sudah berjuang untuk Bandung, juga mendoakan para pemimpin pemimpin kita yang saat ini masih menjabat,"ujarnya.

Setelah melakukan ziarah di situs makam karang anyar, rombongan melanjutkan ziarah ke Dayeuh Kolot, makam Bupati Bandung kedua, Rd. Ardikusumah yang terkenal dengan nama Demang Timbanganten (1681-1704) dan Makam Raden Tumenggung Anggadiredja I yang dikenal Dalem Gordah (1704-1747) di Kabupaten Garut.

Ubad berpesan kepada generasi yang akan datang, "kegiatan ini jangan sampai hilang terus dilakukan dan tidak pernah putus, dengan harapan sejarah jangan sampai terhapus dan jejak para leluhur kita berjuang dapat kita ikuti, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya."

Ziarah kubur makam para leluhur Bandung, diisi dengan tabur bunga dan pengiriman doa bagi arwah leluhur Bandung, para pemimpin Kota Bandung, serta pemberian sembako kepada penjaga makam.

(www.bandung.go.id)