Peringatan Hari Jadi Kota Bandung ke-202

Sebanyak 228 orang pegawai Pemerintah Kota Bandung menerima tanda kehormatan satyalancana karya satya presiden republik indonesia pada peringatan Hari Jadi Kota

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:39
Peringatan Hari Jadi Kota Bandung ke-202
Peringatan Hari Jadi Kota Bandung ke-202

Sebanyak 228 orang pegawai Pemerintah Kota Bandung menerima tanda kehormatan satyalancana karya satya presiden republik indonesia pada peringatan Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) ke-202 di Plaza Balaikota, Jl. Wastukancana No.2, Selasa, (25/09/2012)

Secara Simbolis Wakil Walikota Bandung, Ayi Vivanada menyematkan penghargaan tersebut, bersamaan dengan diberikannya penyerahan Surat Keputusan (SK) Walikota Bandung tentang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kepada 202 orang menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemerintahan Kota Bandung.

Penghargaan tersebut diberikan sebagai tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia yang telah berbakti selama 10 atau 20 atau 30 tahun lebih secara terus menerus dengan menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, kesetian dan pengabdian sehingga dapat dijadikan teladan bagi setiap pegawai lainnya.

"Semoga hari bersejarah ini mengingatkatkan kembali terhadap apa yang telah, sedang dan akan kita sumbangkan untuk kemajuan kota," dikatakan Walikota Bandung, Dada Rosada dalam sambutannya yang dibacakan Ayi.

Lebih lanjut dibacakannya pertumbuhan fisik dan sosial ekonomi Kota Bandung mengalami perubahan yang sangat mendasar dibanding 202 tahun lalu, kini menjelma menjadi pusat pemerintahan, perkantoran, jasa perdagangan dan industri, kota pendidikan, wisata dan lainnya, konsekuesinya mendapat beban lingkungan yang cukup berat.

Dikatakan Ayi, "Menjadi pekerjaan rumah Kota Bandung dengan kompleksitas masyarakat semakin meningkat seiring dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk, artinya tata ruang yang harus ditata, sarana transportasi, sarana dan prasarana sanitasi, pemukiman, ruang-ruang publik dan berupaya memberikan pelayanan yang maksimal bagi warga Kota Bandung," ujarnya.

Karena itu peringatan 202 tahun Kota Bandung harus dimaknai sebagai wahana mengingatkan kembali pentingnya menjaga keseimbangan manusia dengan lingkungannya, juga sebagai momentum perubahan yang dampaknya bukan hanya bagi warga bandung sendiri namun bagi penduduk daerah sekitar, mengingat perannya sebagai pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat.

Dilaporkan Dada dalam sambutannya program Bantuan Walikota Khusus (Bawaku) pendidikan tahun ini mencapai Rp. 25 Milyar atau meningkat 47 persen dari tahun 2011 yang hanya 17 Milyar, juga program sekolah gratis meningkat 9,35 persen menjadi Rp. 78,7 Milyar dibanding tahun lalu senilai Rp. 72 Milyar, juga bawaku mahasiswa mencapai 2 Milyar.

Dalam laporannya, meningkatnya pembangunan di bidang kesehatan bisa ditunjukan dengan meningkatnya kualitas, jangkauan dan pemerataan pelayanan kesehatan, ditunjang bawaku sehat senilai 70,9 Milyar yang meningkat 72,5 persen dibanding tahun 2011 senilai 41,1 Milyar.

Dibidang kemakmuran Kota Bandung telah menyalurkan dana untuk Bawaku Makmur sejak tahun 2008 hingga 2011 senilai 62,5 Milyar bagi sekitar 100 ribu pemohon, juga ditunjang Bawaku Pangan sebagai pendamping program raskin yang dianggarkan 11,4 Milyar, sedangkan program Bawaku Lansia direalisasikan dalam program bina perumahan, bina usaha, dan bina lingkungan.

Pembangunan di bidang lingkungan hidup, antara lain diupayakan melalui peningkatan kualitas dan kuantitas Ruang Terbuka Hijau (RTH), sampai saat ini sejak tahun 2003 telah ditanam 1,68 Juta pohon dan luas RTH Kota Bandung kini jauh lebih luas 11,42 persen dibandingkan tahun 2003 yang hanya 1,43 persen, juga ditopang rencana pembangunan PLTSa diatas lahan seluas 13 hektar dari target 20 hektar, sebagai fasilitas pengolah sampah berteknologi tinggi.

Pembangunan bidang seni budaya Pemerintah Kota Bandung menyediakan lahan seluas 6 hektar dari target 10 hektar di Ujungberung sebagai pusat pengembangan seni budaya daerah, juga pembangunan dibidang olah raga, Kota Bandung akan meresmikan Stadion Utama Sepakbola Gedebage akhir tahun ini.

Ayi berharap di ulang tahun Kota Bandung ini kedepan menjadi kota idaman yang diimpikan setiap orang, "Harapannya Kota Bandung menjadi kota yang nyaman untuk kita tinggali, tenang, aman, kondusif dan kita berusaha untuk mengembalikan udara yang sejuk seperti tahun 70an, dan berbagai masalah terutama masalah sampah, kemacetan, PKL, banjir cileucang, jalan yang rusak dapat terselesaikan," harapnya.

Pada kesempatan itu Ayi menyerahkan piagam penilaian sinergitas kinerja kecamatan, piagam tersebut diberikan atas usaha suatu kecamatan dalam menunjang akselerasi capaian target indeks pembangunan manusia kota bandung, diberikan kepada kecamatan Coblong sebagai terbaik satu, Cibeunying Kaler, Cibiru, Gedebage dan Cibeunying kidul.

Juga disematkan kepada dua orang tokoh pramuka Kota Bandung lencana Emas Tunas Kelapa, memberikan piagam penghargaan Walikota Bandung kepada pekerja teladan tingkat Kota Bandung tahun 2012,  dan penyerahan beasiswa kepada putra/putri anggota KPKB sebesar Rp. 30.450.000,-.

(www.bandung.go.id)