Kampung Kreatif

Dengan bermunculannya berbagai kampung kreatif di Kota Bandung, akan memunculkan berbagai potensi yang ada dari komunitas yang ada di lingkungan tersebut. Hal t

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:39
Kampung Kreatif
Kampung Kreatif

Dengan bermunculannya berbagai kampung kreatif di Kota Bandung, akan memunculkan berbagai potensi yang ada dari komunitas yang ada di lingkungan tersebut. Hal tersebut dikemukakan oleh Sekretaris Daerah Kota Bandung Edi Siswadi, pada saat peluncuran Kampung Akustik Cicadas, di RW 04, Kelurahan Cikutra, Kecamatan Cibeunying Kidul, Sabtu (13/10).

Lebih lanjut dikatakannya, sampai saat ini di Kota Bandung sudah ada lima kampung kreatif, diantaranya di Dago, Cicukang, dan termasuk yang di Cicadas. "Dengan bekerjasama dengan BCCF, sudah ada sekitar lima kampung kreatif yang bermunculan di Kota Bandung," ujar Edi.

Dengan bermunculannya kampung-kampung kreatif, menurut Edi  akan memunculkan inovasi dari warga kampung tersebut, sehingga lingkungan yang tadinya kumuh akan menjadi lebih baik dan indah.

Selain lingkungan menjadi lebih baik, menurut Edi,  potensi ekonomi dari lingkungan tersebut pun akan bermunculan.

Dengan lingkungan dan ekonomi yang meningkat, akan memunculkan rasa bangga dari warganya," ucapnya.

Hal yang lebih baik lagi, menurutnya, banyak pemuda yang terlibat dalam proses kampung kreatif ini, karena hal tersebut muncul dari bawah.

Edi juga, berharap, dengan bermunculannya potensi dari berbagai kampung kreatif akan mengembangkan lokalitas, yang nantinya akan menyebarkan virus ke berbagai kampung di Kota Bandung, sehingga nantinya di Kota Bandung akan ada berbagai kampung kreatif dengan berbagai potensi yang ada.

"Dengan adanya berbagai kampung kreatif yang ada di Kota Bandung, bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, karena kekhasan dan keunikan kampung kreatif yang tidak dimiliki di tempat lain," jelasnya.

Edi mengakui bahwa Kota Bandung tidak memiliki potensi sumber daya alam yang bisa dijadikan sebagai daya tarik wisatawan, sehingga dengan adanya kampung-kampung kreatif akan menarik para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

(www.bandung.go.id)