Perayaan Idul Adha 1433 H

Walikota Bandung Dada Rosada bersama Sekretaris Daerah Kota Bandung Edi Siswadi melaksanakan Sholat Idul Adha di Mesjid Al Ukhuwah, Jalan Wastukancana, Jumat (2

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:39
Perayaan Idul Adha 1433 H
Perayaan Idul Adha 1433 H

Walikota Bandung Dada Rosada bersama Sekretaris Daerah Kota Bandung Edi Siswadi melaksanakan Sholat Idul Adha di Mesjid Al Ukhuwah, Jalan Wastukancana, Jumat (26/10). Sebagai Imam dan Khatib dalam pelaksaan Shalat Idul Qurban adalah Nanang Sugiri.

Setelah melaksanakan sholat, walikota dan sekda memberikan uang "nyeuceup" kepada 30 orang anak yang baru selesai dikhitan. Selanjutnya Walikota Bandung secara simbolis menyerahkan sapi qurban yang akan disembelih di mesjid Al Ukhuwah.

Menurut kepala kementerian agama Kota Bandung Diding, hewan qurban yang disembelih di mesjid al Ukhuwah sapi 5 ekor dan domba 6 ekor.

Sedangkan sumbangan Pemerintah Kota Bandung dalam pelaksanaan hewan qurban yang diberikan kepada masyarakat berdasarkan proposal yang masuk, menurut kepala Kemenag berjumlah sekitar 70 ekor sapi dari 89 proposal yang masuk dan 720 ekor domba dari 986 ajuan proposal yang masuk.

Menurut kepala kemenag, jumlah dana yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Bandung untuk sejumlah hewan qurban tersebut sekitar, 1,9 M lebih, dengan perincian untuk sapi 70 ekor masing-masing 12 juta dan 720 ekor domba masing-masing 1,5 juta.

"Secara keseluruhan di Kota Bandung untuk tahun ini jumlah hewan qurban untuk sapi sekitar 6.136 ekor dan kambing 16.807 ekor," ujarnya.

Sedangkan tahun lalu menurutnya, ada 5.829 sapi dan Kambing 15.963 ekor sehingga tahun sekarang untuk sapi ada peningkatan 5 persen dan domba sekitar 4,9 persen.

sementara itu, ada sekitar 139 mesjid dan 476 lapang yang menjadi tempat pelaksanaan sholat idul qurban, di Kota Bandung.

Sementara itu menurut Walikota Bandung setelah menyerahkan hewan qurban mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat yang mau memberikan sebagian rizkinya untuk dibelikan hewan qurban. Karena menurutnya masih banyak warga yang tidak setiap hari memakan daging pada saat idul qurban ini mereka akan dapat menikmatinya.

"Saya ucapkan terima kasih kepada warga yang dengan ikhlas memberikan rizkinya, untuk diberikan kepada yang membutuhkan," ujar Walikota Bandung.

Dada juga mengatakan bahwa jumlah hewan qurban tahun ini meningkat daripada tahun sebelumnya. "Tahun ini ada peningkatan untuk jumlah hewan qurban daripada tahun sebelumnya," pungkas Dada.

(www.bandung.go.id)