PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE-84 TAHUN 2012 TINGKAT KOTA BANDUNG

Berlangsung secara Khidmat dan sederhana upacara peringatan ke 84 Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2012 Tingkat Kota Bandung dilangsungkan di Plaza balaikota Bandu

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:39
PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE-84 TAHUN 2012 TINGKAT KOTA BANDUNG
PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE-84 TAHUN 2012 TINGKAT KOTA BANDUNG

Berlangsung secara Khidmat dan sederhana upacara peringatan ke 84 Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2012 Tingkat Kota Bandung dilangsungkan di Plaza balaikota Bandung, Jl. Wastukencana, Minggu Pagi (28/10/2012).

Upacara yang dipimpin langsung oleh Walikota Bandung, Dada Rosada tersebut melibatkan Korpri, TNI, Polri, pelajar, mahasiswa, ormas/OKP, berbagai komponen masyarakat, juga hadir jajaran Muspida, sejumlah pimpinan DPRD dan pejabat Pemerintah (Pemkot) Bandung.

Wali Kota Bandung, Dada Rosada selaku pembina upacara, mengingatkan generasi muda Bandung memaknai sumpah pemuda dengan menjauhi tindakan tawuran yang marak terjadi di kota lain akhir-akhir ini dan menjaga kondusifitas kota yang selama ini telah terbina dengan baik.

"Saya atas nama Pemerintah Kota mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemuda bandung, pelajar, mahasiswa, dan warga kota bandung secara keseluruhan telah menjaga kondusifitas bandung menjadi bandung aman, nyaman, sejalan dengan konsep bandung agamis yaitu rumah bersama islam dan non islam, etnis sunda dan non sunda, juga miniatur NKRI, dan ini telah dilakukan oleh pemuda warga Kota Bandung sehingga kondusif, " kata Dada.

Lebih lanjut dikatakannya sikap perlu di apresiasi dan disyukuri serta sikap tersebut apabila terus dilakukan maka kondusifitas Kota Bandung terjaga dan berimbas pada tercapainya kesejahteraan besama, juga menghimbau kepada warga pendatang dari luar kota bandung ikut menjaga kondusifitas tersebut.

Dalam sambutan tertulis Menteri Negara Pemuda Dan Olahraga Republik Indonesia, Dr. Andi A. Mallarangeng, yang dibacakan Dada Rosada mengatakan para pemuda harus mempersiapkan diri memasuki era Komunitas ASEAN pada tahun 2015, era dimana pemuda mau tidak mau mengharuskan mampu bekerja sama secara terbuka dalam mengelola arus barang, jasa maupun orang, dan menuntut kesiapan kita untuk dapat berkerja sama dengan berbagai komunitas dari berbagai negara ASEAN.

Pemuda perlu mengantisipasi tantangan kerja sama komunitas tersebut secara lebih kreatif dan bertanggungjawab sejalan dengan tuntutan nilai-nilai baru komunitas internasional yang meliputi sekitar 600 juta orang se ASEAN. Nilai-nilai baru yang perlu diantisipasi tersebut antara lain berkaitan dengan sistem komunikasi, pengelolaan struktur kerja sama, pengakuan terhadap perbedaan budaya dan gaya hidup, tanpa melupakan identitas kebangsaan Indonesia.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-84 tahun ini mengangkat tema "DENGAN SUMPAH PEMUDA, KITA MANTAPKAN KEMANDIRIAN, KREATIVITAS DAN KEBANGSAAN MENUJU KOMUNITAS ASEAN 2015", tema tersebut membawa pesan kepada pemuda khususnya, perlu memantapkan tekad untuk terus menerus mempertahankan kemandirian dan kreativitas sembari membangun identitas kebangsaan yang lebih kokoh dan bermartabat.

(www.bandung.go.id)