Peringatan Hari AIDS

Dada menargetkan tahun 2013 Kota Bandung bebas dari HIV-AIDS, meskipun hal itu diakuinya suatu hal yang mustahil. Tetapi setidaknya jumlah penderitanya dapat be

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:40
Peringatan  Hari  AIDS
Peringatan Hari AIDS

Dada menargetkan tahun 2013 Kota Bandung bebas dari HIV-AIDS, meskipun hal itu diakuinya suatu hal yang mustahil. Tetapi setidaknya jumlah penderitanya dapat berkurang. Hal tersebut dikemukakan Dada setelah mengikuti peringatan HARI AIDS internasional di Bandung Timur Plaza, Jalan AH. Nasution, Rabu (12/12).

Dada juga meminta kepada ketua harian KPA (komisi penanggulangan AIDS) Kota Bandung agara dapat menemukan sekolah yang benar-benar seratus persen pelajarnya tidak menggunakan narkoba.

"Coba temukan sekolah yang pelajarnya benar-benar seratus persen tidak mengunakan narkoba, nanti kita beri mereka penghargaan," ujar Dada.

Berbagai upaya menurut Dada terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandung agar penularan HIV-AIDS terus berkurang, misalnya saja dengan melakukan penyuluhan dan pembinaan.
"Kita tentu saja terus melakukan penyuluhan dan pembinaan agar, penularan HIV-AIDS ini dapat dicegah," jelas Dada.

Senada dengan Walikota Bandung, ketua harian KPA Kota Bandung, mengatakan bahwa penyuluhan dan pembinaan terus dilakukan. Hal itu melihat dari fenomena bahwa ada pergeseran para penderita HIV dan AIDS itu bukan hanya mereka yang mempunyai resiko tinggi, tetapi untuk mereka yang mempunyai resiko rendah pu, seperti ibu rumah tangga jumlah penderita HIV AIDS nya cukup tinggi.

Menurut Sukarno, berdasarkan data yang ada jumlah kumulatif kasus HIV-AIDS di kota Bandung dari tahun 1991 sampai dengan 2012 untuk penjaja sex mencapai 122 kasus, sedangkan untuk ibu rumah tangga mencapai 282 kasus dan anak-anak mencapai 94 kasus.

"Sampai september 2012 estimasi orang dengan HIV AIDS (ODHA) di Kota Bandung mencapai 3.871 orang. Sedangkan yang telah ditemukan untuk penderita HIV sekitar 1.469 kasus dan AIDS sekitar 1.450 kasus," jelasnya.

Penderita HIV-AIDS ini menurutnya seperti fenomena gunung es, sehingga perlu lebih ditingkatkan lagi pemahaman dan sosialisasi mengenai bahaya dari HIV-AIDS ini. (www.bandung.go.id)