Dana Hibah LVRI Meningkat

Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Bandung akan diprioritaskan dalam penggunaan anggaran yang berasal dari Pemkot Bandung terkait kesejahteraan a

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:40
Dana Hibah LVRI Meningkat
Dana Hibah LVRI Meningkat

Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Bandung akan diprioritaskan dalam penggunaan anggaran yang berasal dari Pemkot Bandung terkait kesejahteraan anak cucu para pejuang. Tahun ini LVRI mendapatkan dana hibah sebesar Rp 2,5 miliar, naik dari tahun sebelumnya sebesar Rp 1,5 miliar.

Ketua LVRI Kota Bandung, Soedirman mengatakan, di Kota Bandung ada 1.300 veteran yang terdiri atas pejuang '45 dan pembela kemerdekaan dan perdamaian. Para veteran ini bukan orang tua yang tidak memiliki pensiunan dan penghuni panti jompo. Tapi merupakan pejuang yang masih aktif dan tidak memerlukan bantuan.

"Kita masih aktif sebagai narasumber," ujar Soedirman, usai peringatan HUT LVRI di Pendopo, Jl. Dalem Kaum, Senin (21/1).

Karena itu, Soedirman mengatakan, anggaran yang berasal dari Pemkot Bandung akan digunakan bagi anak cucu para pejuang. "Kita prioritaskan untuk kesejahteraan penerus para pejuang, seperti dana untuk sekolah anak cucunya," tandasnya.

Para veteran, ungkap Soedirman, saat ini aktif menjadi narasumber bagi siswa TK, SD, SMP, dan SMA dengan materi perjuangan bangsa. Tidak hanya di tingkat dasar dan menengah, di tingkat lanjutan pun ada 4 perguruan tinggi yang memberikan materi dengan narasumber veteran. 

"Lalu tahun ini akan ada 16 jilid buku yang disebar ke 30 kecamatan. Sisanya untuk operasional, perawatan kantor, perbaikan rumah janda veteran, dan pertolongan bagi anak veteran yang sakit," tandasnya.

 

Sementara Wali Kota Bandung, Dada Rosada mengatakan Pemkot Bandung tahun ini menganggarkan dana bagi LVRI sebesar Rp 2,5 miliar. Angka ini mengalami peningkatan dari tahun 2012 yang hanya Rp 1,5 miliar. "Pemkot harus senantiasa membantu veteran, salah satunya dengan meningkatkan anggaran," tandas Dada.(www.bandung.go.id)